PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT RELIEF PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI KATEGUHAN 02 TAHUN AJARAN 2016/2017

Jatmika, Wisnu (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT RELIEF PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI KATEGUHAN 02 TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (931Kb)

    Abstract

    Wisnu Jatmika. K7113230. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT RELIEF (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VA SD Negeri Kateguhan 02 Tahun Ajaran 2016/2017) Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. September 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas membuat relief dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret yang dapat meningkatkan kreativitas membuat relief pada siswa kelas VA SD Negeri Kateguhan 02 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian yang dilaksanakan ini adalah saya sebagai peneliti, siswa kelas VA dan guru kelas VA SD Negeri kateguhan 02. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan keesimpulan. Indikator kinerja penelitian ini yaitu penerapan model CTL dengan media konkret dan peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa 85%. Prosedur penelitian dalam bentuk siklus berulang yang terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model CTL dengan media konkret dapat meningkatkan kreativitas siswa. Pada siklus I Kreativitas siswa mencapai 71,75%, siklus II meningkat menjadi 80,75%, dan siklus III meningkat menjadi 85,25%. Hasil karya membuat relief siklus I siswa yang tuntas 8%, siklus II 60% dan siklus III 100%. Data tersebut menunjukkan bahwa setiap siklus selalu mengalami peningkatan dan semua indikator kinerja tercapai Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model CTL dengan media konkret dapat meningkatkan kreativitas membuat relief pada siswa kelas VA SD Negeri Kateguhan 02 tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : kreativitas siswa, model Contextual Teaching and Learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 29 Dec 2017 07:11
    Last Modified: 29 Dec 2017 07:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38419

    Actions (login required)

    View Item