STRATEGI PENGELOLAAN SENATAH ADVENTURE SEBAGAI PENYEDIA JASA WISATA MINAT KHUSUS TUBING DAN OUTBOUND DI KABUPATEN KARANGANYAR

Ardianti, Windy (2017) STRATEGI PENGELOLAAN SENATAH ADVENTURE SEBAGAI PENYEDIA JASA WISATA MINAT KHUSUS TUBING DAN OUTBOUND DI KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (647Kb)

    Abstract

    Windy Ardianti, C9414057. 2017. “Strategi Pengelolaan Senatah Adventure Sebagai Penyedia Jasa Wisata Minat Khusus Tubing dan Outbound di Kabupaten Karanganyar”. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dalam perkembangan dunia pariwisata, banyak kegiatan wisata minat khusus yang mulai digemari wisatawan. Hal tersebut menjadi dorongan bagi industri penyedia jasa wisata untuk memberikan kegiatan wisata minat khusus yang berbeda dan menantang. Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang strategi pengelolaan Senatah Adventure sebagai penyedia jasa wisata minat khusus yang memberikan pengalaman wisata yang berbeda melalui kegiatan tubing dan outbound di alam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data dengan observasi secara langsung di Senatah Adventure, wawancara dengan beberapa informan yang memberikan informasi secara lengkap, studi pustaka untuk mendapatkan data dari buku-buku perpustakaan, dan dokumen Senatah Adventure. Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai potensi Senatah Adventure dan analisis potensi 4A (Attraction, Accessibility, Amenity dan Ancilliary)Senatah Adventure, strategi pengelolaan Senatah Adventure sebagai penyedia jasa wisata minat khusus. Selain itu, penelitian ini membahas mengenai kendala dan solusi dalam proses pengelolaan di Senatah Adventure. Kesimpulan dari penelitian ini adalah potensi yang dimiliki Senatah Adventuredan analisis potensi 4A (Attraction, Accesbility, Amenity, Ancilliary)Senatah Adventure berupa kondisi alam yang masih terjaga dan atraksi wisata minat khusus, akses yang baik, fasilitas pendukung, dan kelembagaan yang mengelola Senatah Adventure dengan baik. Strategi pengelolaan Senatah Adventure mengoptimalkan fungsi kerja dari organisasi Senatah River Community,perencanaan infrasturuktur, dan melalui promosi di media sosial. Kendala yang dihadapi Senatah Adventure adalah dana dalam pengelolaan,lahan, dan jumlah fasilitator untuk kegiatan wisata minat khusus di Senatah Adventure. Solusi dalam kendala pengelolaan Senatah Adventure adalah kerja sama dengan Pemerintah setempat untuk peminjaman lahan dan bantuan dana serta pembukaan pelatihan untuk anggota baru Senatah River Community menjadi fasilitator wisata minat khusus di Senatah Adventure. Kata kunci : strategi, pengelolaan, penyedia jasa, wisata minat khusus.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 29 Dec 2017 07:06
    Last Modified: 29 Dec 2017 07:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38418

    Actions (login required)

    View Item