Pembuatan 3D Virtual Reality Kebun Binatang Taman Satwa Taru Jurug Bagian III Berbasis Android

Winata, Ricat (2017) Pembuatan 3D Virtual Reality Kebun Binatang Taman Satwa Taru Jurug Bagian III Berbasis Android. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (747Kb)

    Abstract

    Virtual reality merupakan teknologi yang akan menampilkan penggambaran suatu tempat atau objek yang disajikan dalam bentuk 3 dimensi. Dengan teknologi virtual reality ini akan memerikan efek kepada pengguna dapat merasakan secara langsung masuk ke dalam lingkungan virtual. Melihat potensi teknologi virtual reality yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi untuk Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), maka dibuatlah Aplikasi 3D Virtual reality Kebun Binatang dengan studi kasus Taman Satwa Taru Jurug yang merupakan sebuah aplikasi android dengan tujuan sebagai sarana promosi, publikasi, serta edukasi kepada masyarakat mengenai satwa – satwa langka yang ada. Untuk membuat Aplikasi Virtual Reality Kebun Binatang dengan Studi Kasus Taman Satwa Taru Jurug harus melewati beberapa tahapan yang cukup panjang. Sebagai langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan melalukan observasi langsung untuk mendapatkan segala informasi mengenai jurug dan melakukan wawancara kepada pihak kebun binatang. Baru setelah itu dilakukanlah pembuatan aplikasi ini sesuai dengan data – data yang diperoleh. Sebelumnya dipublikasikannya aplikasi ini, penulis perlu melakukan pengujian terhadap aplikasi ini dengan menggunakan konsep pengisian kuisioner yang disebar secara acak. Barulah setelah itu aplikasi ini benar – benar bisa dipublikasikan secara masif setelah mendapatkan masukan dari kuisioner pengujian aplikasi. Virtual reality Kebun Binatang dengan Studi Kasus Taman Satwa Taru Jurug akan menampilkan objek-objek seperti taman gesang, satwa – satwa yang ada di dalamnya, dan danau jurug. Untuk pembuatan Virtual reality Kebun Binatang dengan Studi Kasus Taman Satwa Taru Jurug menggunakan Unity 3D Game Engine. Produk yang akan dihasilkan dari Virtual reality Kebun Binatang dengan Studi Kasus Taman Satwa Taru Jurug berbentuk file .apk yang dapat dijalankan pada perangkat android yang memiliki sensor gyroscope. Pembuatan Virtual Reality Kebun Binatang melewati berbagai tahapan pembuatan yang dibagi menjadi 3 tahapan yaitu observasi, pembuatan, dan pengujian. Virtual reality Kebun Binatang diharapkan mampu menggambarkan secara virtual Taman Satwa Taru Jurug di Kota Surakarta, sehingga dapat digunakan sebagai sarana edukasi tentang sejarah Jurug dan sebagai media publikasi kepada wisatawan dalam maupun luar Kota Surakarta secara lebih baik. Kata Kunci : Android, Kebun Binatang, Taman Satwa Taru Jurug, Unity 3D, Virtual reality.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 28 Dec 2017 15:36
    Last Modified: 28 Dec 2017 15:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38409

    Actions (login required)

    View Item