Upaya Pembuktian Penuntut Umum Berdasarkan Keterangan Ahli Dan Pertimbangan Hakim Memutus Perkara Mengangkut Satwa Yang Dilindungi Dalam Keadaan Hidup (Studi Putusan Nomor: 79/Pid.Sus/2015/PN/Dps)

NOVITA, MEGA DIAN (2017) Upaya Pembuktian Penuntut Umum Berdasarkan Keterangan Ahli Dan Pertimbangan Hakim Memutus Perkara Mengangkut Satwa Yang Dilindungi Dalam Keadaan Hidup (Studi Putusan Nomor: 79/Pid.Sus/2015/PN/Dps). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (624Kb)

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penggunakaan keterangan ahli dalam proes pembuktian tindak pidana mengangkut satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup dengan ketentuan dalam KUHAP dan bentuk pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Denpasar dalam menjatuhkan putusan. Ditinjau dari jenis penelitian hukum yang penulis lakukan termasuk jenis penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif .bahan hukum yang digunakan meliputi bahan hukum primer dan sekunder.Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi pustaka, selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah metode deduktif silogisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaanketerangan ahli dalam proses pembuktian tindak pidana mengangkut satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup sesuai denganketentuan Pasal 184 ayat (1) huruf b jo Pasal 1 butir 28 KUHAP. Selain itu juga dalam pertimbangan Hakim telah sesuai Pasal 183 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAPmenggunakan keterangan ahli yang didukung alat bukti lain sebagai dasar untuk membuktikan unsur tindak pidana yang didakwakan sehingga meyakinkan hakim untuk menyatakan para Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana mengangkut satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup dan menjatuhkan pidana terhadap para Terdakwa berupa pidana penjara masing-masing selama 5 (lima) bulan, dan denda masing-masing sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 2 (dua) bulan. Kata Kunci : Keterangan Ahli, Pembuktian, Mengangkut satwa yang dilindungi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 28 Dec 2017 11:53
    Last Modified: 28 Dec 2017 11:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38400

    Actions (login required)

    View Item