Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik SMAN Gondangrejo

HASANAH, FIKRIYATUL (2017) Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik SMAN Gondangrejo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (885Kb)

    Abstract

    ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap keaktifan belajar peserta didik SMAN Gondangrejo. 2) Pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap keaktifan belajar peserta didik SMAN Gondangrejo. 3) Pengaruh keaktifan berorganisasi dan intensitas penggunaan media sosial terhadap keaktifan belajar peserta didik SMAN Gondangrejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN Gondangrejo, sebanyak 251 peserta didik. Sampel yang diambil dengan cluster random sampling, dengan 59 peseta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis korelasi product moment Karl Pearson dan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan berorganisasi terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas XI SMAN Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan intensitas penggunaan media sosial terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas XI SMAN Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan berorganisasi dan intensitas penggunaan media sosial terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas XI SMAN Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: Kuantitatif, Keaktifan Belajar, Keaktifan Belajar, Intensitas Penggunaan MediaSosial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 28 Dec 2017 11:03
    Last Modified: 28 Dec 2017 11:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38368

    Actions (login required)

    View Item