PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI

Hidayani, Wahyuni (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (712Kb)

    Abstract

    Wahyuni Hidayani. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X IIS 1 Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 1 SMA negeri 3 surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Jenis penelitian ini merupakan penelitain tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan secara kolaborasi anatara peneliti dengan guru mata pelajaran ekonomi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IIS 1 SMA negeri 3 surakarta yang berjumlah 25. Teknik pengumpulan data penelitain adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pemebelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Peningkatan kekatifan peserta didik terlihat pada siklus I dari segi mental activities meningkat ( presentase pra siklus 8% , siklus I 91%, dan siklus II 93%), keaktifan peserta didik dari segi oral activities ( presentase pra siklus 0%, siklus I 85% dan siklus II 92%), keaktifan peserta didik dari segi visual activities ( presentase pra siklus 44%, siklus I 88%, dan siklus II 95%), dari segi listening activities ( presentase pra tindakan 48%, siklus I 89,33% dan siklus II 93,33%), dari segi writing activities (presentase pra tindakan 0%, siklus I 93,33%, siklus II 95%). Prestasi belajar peserta didik meningkat pada rata-rata nilai pra siklus 77,4 dengan presentase ketuntasan 56%, siklus I rata-rata nilai 80,38 dengan presentase ketuntasan 64%, siklus II nilai rata-rata 85,5 dengan presentase ketuntasan 88%. Kata Kunci: Team assisted individualization (TAI), keaktifan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 28 Dec 2017 11:01
    Last Modified: 28 Dec 2017 11:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38362

    Actions (login required)

    View Item