Penerapan Guided Inquiry Learning untuk Memperbaiki Pertanyaan Siswa Kelas XI MIA pada Pembelajaran Biologi

NURIYANA, DANA (2017) Penerapan Guided Inquiry Learning untuk Memperbaiki Pertanyaan Siswa Kelas XI MIA pada Pembelajaran Biologi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (819Kb)

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk memperbaiki pertanyaan siswa melalui penerapan Guided Inquiry Learning di kelas XI MIA pada pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselesaikan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kuantitas jumlah pertanyaan dan siswa yang mengajukan pertanyaan lebih dari 50% dari 40 siswa secara keseluruhan. Kualitas pertanyaan siswa menyebar ke semua level dimensi proses kognitif diakhir siklus dengan persentase tiap level yaitu level C1 4,46%, C2 38,39%, C3 4,46%, C4 19,64%, C5 17,85%, dan C6 15,17%. Level pertanyaan C2, C4, C5 dan C6 mencapai target penelitian, sementara level pertanyaan C1 dan C3 tidak dapat mencapai target penelitian. Jenis pertanyaan berdasarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meningkat dari pra-siklus yaitu 2 tipe pertanyaan menjadi 11 tipe pertanyaan pada siklus I dan 17 tipe pertanyaan di siklus II.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 28 Dec 2017 10:28
    Last Modified: 28 Dec 2017 10:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38344

    Actions (login required)

    View Item