ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN KE NON PERTANIAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN)

PRAKOSO, BUDI JATI (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN KE NON PERTANIAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN CEPER KABUPATEN KLATEN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1085Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN KE NON PERTANIAN (Studi Kasus di Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten) BUDI JATI PRAKOSO F0112023 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh usia petani, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, lama bertani, pekerjaan pokok, harga jual hasil pertanian, pendapatan bersih per musim, dan harga lahan terhadap alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian di Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan cara wawancara secara langsung kepada responden. Sampel penelitian sejumlah 32 responden petani yang tersebar di beberapa desa di Kecamatan Ceper, yaitu Desa Dlimas, Jombor, Mlese, Meger, Klepu, dan Jambu Kulon.Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat signifikansi 10% variabel harga jual hasil pertanian dan harga lahanberpengaruh positif dan signifikan terhadap alih fungsi lahan pertanian, sedangkan variabel usia petani, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, lama bertani, pekerjaan pokok, dan pendapatan bersih per musim tidak berpengaruh secara signifikan terhadap alih fungsi lahan pertanian. Kata kunci: Alih fungsi lahan pertanian, harga jual hasil pertanian, harga lahan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 28 Dec 2017 10:21
    Last Modified: 28 Dec 2017 10:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38337

    Actions (login required)

    View Item