Eksperimen Mesin SSA 1 untuk Optimasi Multirespon Roughness, Roundness, dan Cycle Time Komponen Outer Ring pada Bantalan menggunakan Metode Taguchi dan PCR-TOPSIS di PT. SKF Indonesia

Wisnuadi, Alief Regyan (2017) Eksperimen Mesin SSA 1 untuk Optimasi Multirespon Roughness, Roundness, dan Cycle Time Komponen Outer Ring pada Bantalan menggunakan Metode Taguchi dan PCR-TOPSIS di PT. SKF Indonesia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (107Kb)

    Abstract

    Bearing adalah salah satu part yang paling banyak digunakan di industri otomotif. Salah satu perusahaan manufaktur bearing terkemuka di dunia dan telah melakukan ekspansi usaha sampai ke Indonesia adalah PT. SKF Indonesia. Oleh karena itu, PT. SKF Indonesia harus memproduksi bearing dengan standard internasional. PT. SKF Indonesia harus melakukan continous improvement agar bisa menghadapi persaingan. Selama ini, departemen quality assurance di PT. SKF Indonesia hanya sebatas melakukan pengendalian kualitas belum melakukan quality improvement secara terstruktur. Tujuan dari penelitian ini adalah mendukung PT. SKF Indonesia dalam melakukan quality improvement secara terstruktur dengan melakukan sebuah eksperimen setting speed ratio, sizematic fine position, dan spark out grinding time untuk mengoptimalkan beberapa respon kualitas seperti roughness, roundness, dan cycle time salah satu part pada bearing yaitu outer ring (OR) dengan menggunakan metode Taguchi dan PCR-TOPSIS. Metode Taguchi digunakan untuk memperbaiki produktivitas selama penelitian dan pengembangan agar produk-produk berkualitas tinggi dapat diproduksi dengan cepat dan dengan biaya yang rendah. PCR merupakan metode yang dapat digunakan untuk memprediksi masalah multirespon. TOPSIS merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa setting level optimal roughness dengan metode Taguchi diperoleh pada speed ratio pada level 1 (36), faktor sizematic fine position pada level 1 (20 µm/s), dan faktor spark out pada level 1 (0,5 s). Setting level optimal roundness dengan metode Taguchi diperoleh pada speed ratio pada level 1 (30), faktor sizematic fine position pada level 3 (15 µm/s), dan faktor spark out pada level 1 (0,5 s). Setting level optimal cycle time dengan metode Taguchi diperoleh pada speed ratio pada level 2 (24), faktor sizematic fine position pada level 1 (20 µm/s), dan faktor spark out pada level 3 (0,2 s). Dari hasil PCR-TOPSIS kondisi optimum outer ring secara simultan dapat dicapai pada kombinasi dengan speed ratio 36 m/s, sizematic fine position 18 µm/s, dan spark out 0,5 s. Hasil optimal yang diperoleh untuk roughness 0,398 μm, roundness 1,78 μm, dan cycle time 8.1 s. Hasil optimal yang didapatkan sudah lebih baik dari hasil sebelumnya dan masuk ke standard yang ditetapkan perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 28 Dec 2017 09:56
    Last Modified: 28 Dec 2017 09:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38318

    Actions (login required)

    View Item