ANALISIS KANDUNGAN EUGENOL DALAM SALEP EKSTRAK ETANOL RIMPANG LENGKUAS (Alpinia galanga L. Willd) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

Apriliany, Rizky (2017) ANALISIS KANDUNGAN EUGENOL DALAM SALEP EKSTRAK ETANOL RIMPANG LENGKUAS (Alpinia galanga L. Willd) DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (573Kb)

    Abstract

    Lengkuas (Alpinia galanga L.) merupakan salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pengobatan tradisional. Berbagai senyawa terkandung dalam rimpang lengkuas seperti galangin, metilsinamat, sineol, kamfer, δ-pinen, dan eugenol. Eugenol merupakan salah satu senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan, analgetik, dan antibakteri yang penggunaannya biasanya terdapat dalam suatu sediaan. Pada pembuatan suatu sediaan, perlu dilakukan pemeriksaan kandungan senyawa aktifnya yang merupakan salah satu persyaratan dalam menjamin kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan eugenol dalam salep ekstrak etanol rimpang lengkuas. Metode untuk mengekstraksi metabolit sekunder dari rimpang lengkuas menggunakan digesti dengan pelarut etanol 70%. Proses pemisahan eugenol dari salep ekstrak etanol rimpang lengkuas dilakukan dengan metode ekstraksi cair-cair menggunakan pelarut kloroform. Eugenol yang diperoleh dianalisis menggunakan Spektrofotometer UV-Vis karena eugenol memiliki kromofor berupa cincin benzena sehingga mampu menyerap sinar ultraviolet. Pada penelitian ini juga dilakukan validasi terhadap metode analisis eugenol secara Spektrofotometri UV-Vis dengan parameter validasi yang digunakan meliputi linearitas akurasi, presisi, Limit of Detection (LOD) dan Limit of Quantification (LOQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode analisis eugenol dalam salep ekstrak etanol rimpang lengkuas memiliki validasi yang baik, dengan linearitas, akurasi dan presisi yang memenuhi persyaratan serta nilai LOD sebesar 2,388 µg/mL dan nilai LOQ sebesar 7,235 µg/mL. Pada penentuan kandungan eugenol dalam salep ekstrak etanol rimpang lengkuas diperoleh hasil sebesar 5,187 mg/gr salep.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Farmasi
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 28 Dec 2017 09:54
    Last Modified: 28 Dec 2017 09:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38312

    Actions (login required)

    View Item