Pengujian Imbangan Pemupukan Organik dan Buatan Berdasarkan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Terhadap Petumbuhan dan Hasil Jagung

Pradana, Adhitya Vishnu (2017) Pengujian Imbangan Pemupukan Organik dan Buatan Berdasarkan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Terhadap Petumbuhan dan Hasil Jagung. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (49Kb)

    Abstract

    Pemupukan merupakan pemberian unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Tujuan penelitian adalah mengkaji pengaruh imbangan pupuk buatan dan organik Berdasarkan sistem Sekolah Lapang Iklim (SLI) terhadap pertumbuhan dan hasil jagung. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli – November 2016 di Desa Keyongan, Kabupaten Boyolali. Rancangan berupa RAKL (Rancangan Acak Kelompok Lengkap) dengan perlakuan imbangan pemupukan 6 taraf Berdasarkan KATAM (Kalender Tanam) yaitu P0 (tanpa pupuk),P1 (100% Pupuk Organik + 0% Pupuk Buatan), P2 (75% Pupuk Organik + 25% Pupuk Buatan), P3 (50% Pupuk Organik + 50% Pupuk Buatan), P4 (25% Pupuk Organik + 75% Pupuk Buatan), P5 (0% Pupuk Organik + 100% Pupuk Buatan)Jumlah tanaman 200 pada petak dengan luas (10 x 2,4) m, setiap perlakuan diulang 3 kali. Setiap petak diambil 5 sampel tanaman. Variabel pengamatan meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, berat brangkasan, berat tongkol, berat pipilan dan berat 100 biji. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan Uji F, DMRT dan Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pemupukan 75% pupuk buatan dan 25% pupuk organik memberikan pertumbuhan dan hasil jagung yang lebih baik tercermin pada berat brangkasan, berat tongkol, berat pipilan dan berat 100 biji masing-masing secara berurutan untuk perlakuan P0, P1, P2, P3, P4 dan P5 yaitu 120,44 ; 85,88 ; 66,95 dan 17,57 gram.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 28 Dec 2017 09:43
    Last Modified: 28 Dec 2017 09:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38303

    Actions (login required)

    View Item