PENERAPAN METODE DRILL DAN PERMAINAN TEBAK KATA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN DI KELAS 5 & 6 SD TRIPUSAKA SURAKARTA

Maharani, Risma (2017) PENERAPAN METODE DRILL DAN PERMAINAN TEBAK KATA DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN DI KELAS 5 & 6 SD TRIPUSAKA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (918Kb)

    Abstract

    Penulisan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas penerapan metode drill dan permainan tebak kata untuk mempelajari kosakata bahasa Mandarin di SD Tripusaka, serta untuk mengetahui apa sajakah hambatan dan solusi untuk mengatasi kesulitan selama terjadinya proses pembelajaran. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Penulis mencoba meneliti secara langsung di SD Tripusaka, mencari referensi dari berbagai sumber dari perpustakaan, dan membuat dokumentasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil dari penelitian menunjukkan penerapan metode drill dan Tebak kata dapat meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Mandarin di SD Tripusaka. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode drill dan tebak kata. Rata-rata nilai kelas V mengalami kenaikan dari 43,75 menjadi 56. Sedangkan nilai rata-rata kelas VI dari 31,67 naik menjadi 79,17. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dan tebak kata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin di SD Tripusaka Surakarta. Kata kunci : bahasa Mandarin, metode drill, tebak kata, kosakata.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 28 Dec 2017 09:41
    Last Modified: 28 Dec 2017 09:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38300

    Actions (login required)

    View Item