Hubungan Persepsi Petani terhadap Peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengan Tingkat Adopsi Inovasi Rice Transplanter di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar

Aprilia, Riska (2017) Hubungan Persepsi Petani terhadap Peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengan Tingkat Adopsi Inovasi Rice Transplanter di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (558Kb)

    Abstract

    Peneltian ini bertujuan untuk mengkaji peran penyuluh di Kecamatan Kebakkramat, mengkaji tingkat adopsi inovasi inovasi teknologi rice transplanter, dan menganalisis hubungan antara persepsi petani terhadap peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengan tingkat adopsi inovasi rice transplanter di Kecamatan Kebakkramat. Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Pengambilan sampel dilakukan dengan quota sampling dengan jumlah 60 responden yang tersebar di tiga desa yaitu Desa Waru, Desa Pulosari, dan Desa Nangsri, hal ini dilakukan karena di tiga desa ini sudah menerapkan rice transplanter. Analisis data menggunakan rumus lebar interval dan metode analisis korelasi rank spearman (rs). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi petani terhadap peran penyuluh sebagai Edukator (X1), Motivator (X2), Diseminator (X3), Supervisor (X4), dan Fasilitator (X5) dalam kategori sedang atau dapat dikatan baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara peran penyuluh sebagai Motivator (X2) dengan tingkat adopsi inovasi rice transplanter pada taraf kepercayaan sebesar 95% dan terpadat hubungan yang sangat signifikan antara peran penyuluh sebagai Diseminator pada taraf kepercayaan sebesar 99% (X3). Sedangkan untuk peran penyuluh sebagai Edukator (X1), Supervisor (X4), dan Fasilitator (X5) tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat adopsi inovasi rice transplanter. Kata kunci : Adopsi Inovasi; Peran Penyuluh; Persepsi Petani; Rice Transplanter.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 28 Dec 2017 09:32
    Last Modified: 28 Dec 2017 09:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38297

    Actions (login required)

    View Item