Studi Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Melakukan Penilian Sikap Spiritual dan Sikap Sosil (Studi pada Guru PPKn di SMK Negeri 2 Sukoharjo)

Nofiyani, Rima (2017) Studi Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Melakukan Penilian Sikap Spiritual dan Sikap Sosil (Studi pada Guru PPKn di SMK Negeri 2 Sukoharjo). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1926Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PPKn dalam melaksanakan penilaian sikap spiritual dan sikap sosial terhadap siswa. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung yang ditemui atau dialami oleh guru PPKn dalam melaksanakan penilaian penilaian sikap spiritual dan sikap sosial terhadap siswa di SMK Negeri 2 Sukoharjo. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yaitu pendekatan deksriptif kualitatif dengan penelitian analisis dokumen/isi.Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Sajian data, 4) Pengambilan Kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Persiapan, 2) pengumpulan data, 3) analisis data, 4) penyusunan laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada indikator menyelenggarakan penilaian guru PPKn belum melakukan semua teknik penilaian sikap. Pada indikator memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi, guru menggunakan hasil penilaian untuk mengukur kompetensi pencapaian sikap siswa. Pada indikator melakukan tindakan reflektif, guru PPKn belum melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). 2) Faktor penghambat guru antara lain guru kesulitan pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru memiliki keterbatasan waktu untuk melakukan semua teknik penilaian, pembelajaran di dalam kelas guru lebih menekankan aspek pengetahuan. Faktor pendukungnya adalah Sekolah memfasilitasi guru PPKn untuk mengikuti diklat dan juga seminar, hasil belajar siswa yang menunjukkan sikap yang baik, antusiasme siswa saat melakukan penilaian diri dan juga penilaian antar teman sejawat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 28 Dec 2017 09:19
    Last Modified: 28 Dec 2017 09:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38290

    Actions (login required)

    View Item