EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika Planet Bumi Sebagai Ruang Kehidupan)

Maryadi, Tri (2017) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika Planet Bumi Sebagai Ruang Kehidupan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1012Kb)

    Abstract

    Tri Maryadi. K5411062. EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2017. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar geografi antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Numbered Heads Together (NHT) dan metode Ceramah Tanya Jawab terhadap hasil belajar geografi pada Materi Pokok Mengenal Bumi Peserta didik Kelas X IIS SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2015-2016. 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar geografi antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT. 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar geografi antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan metode pembelajaran Ceramah Tanya. 4) Mengetahui perbedaan hasil belajar geografi antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Numbered. Heads Together (NHT) dengan metode pembelajaran Ceramah Tanya Jawab. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimen) dengan rancangan nonrandomized Control Group pretest-postest. Populasinya adalah seluruh kelas X IIS SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2015-2016. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dengan tiga kali pengambilan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data mengunakan statistik inferensial parametrik dengan pengujian hipotesis menggunakan Anava dan uji lanjut Anava (Uji Scheffe’). Berdasarkan analisis data, dapat disajikan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Numbered Heads Together (NHT) dan Ceramah Tanya jawab pada Materi Pokok Mengenal Bumi Peserta didik Kelas X IIS SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2015-2016. Metode pembelajaran yang paling efektif adalah metode Two Stay Two Stray (TSTS), disusul metode Numbered Heads Together (NHT) dan metode Ceramah Tanya Jawab. (2) Metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) (3) Metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran Ceramah Tanya Jawab. (4) Metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran Ceramah Tanya Jawab. Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Numbered Heads Together, Ceramah Tanya Jawab, Motivasi, Hasil Belajar Geografi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 28 Dec 2017 09:07
    Last Modified: 28 Dec 2017 09:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38281

    Actions (login required)

    View Item