Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah untuk Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Jawa Tengah)

Titania, Titania (2017) Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah untuk Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Jawa Tengah). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (572Kb)

    Abstract

    Fungsi audit telah menjadi bagian integral dari manajemen keuangan pemerintah dan instrumen untuk meningkatkan kinerja di sektor publik. Salah satu unit pada Pemda yang melaksanakan audit atau pemeriksaan di lingkungan Pemda adalah APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah). Dalam pelaksanaan tugasnya, menurut PP No. 60 Tahun 2008, APIP memiliki peran baru yaitu sebagai pengawas akuntabilitas keuangan negara, pembinaan SPIP, dan reviu laporan keuangan pusat dan pemerintah daerah. Dengan peran baru ini, tugas APIP tidak hanya sebagai pengawas pengelolaan keuangan namun, bersinergi dengan mitra kerja untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, seberapa besar peran yang telah dilakukan oleh APIP dalam rangka peningkatan opini laporan keuangan pada Pemda yang untuk pertama kalinya memperoleh opini WTP. Penelitian ini menguji pengaruh variabel kompetensi SDM APIP, tindak lanjut temuan audit, reviu oleh APIP, dan pemeringkatan APIP terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data primer, yaitu kuesioner dan diolah dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua variabel, yaitu kompeteni SDM dan tindak lanjut temuan audit yang memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Variabel-variabel independen yang dipilih dalam penelitian ini hanya mampu menjelaskan variabel dependen kelemahan pengendalian intern sebesar 24,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar penelitian ini. Kata Kunci: APIP, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Pertama Kali WTP.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 28 Dec 2017 08:42
    Last Modified: 28 Dec 2017 08:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38276

    Actions (login required)

    View Item