PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL ADOBE FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK MATERI KEARIFAN DALAM PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM

Gayatri, Teti (2017) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL ADOBE FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK MATERI KEARIFAN DALAM PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (742Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kebutuhan terhadap media pembelajaran di SMA N 1 Sragen; 2) Untuk mengetahui kelayakan media audio visual adobe flash berbasis CTL di kelas XI SMA N 1 Sragen; 3) Untuk mengetahui bahwa implementasi media audio visual adobe flash berbasis CTL di kelas XI SMAN 1 Sragen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa; 4) Untuk mengetahui implementasi media audio visual adobe flash berbasi CT; 5) Untuk mengetahui bahwa implementasi media audio visual adobe flash berbasis CTL di kelas XI SMAN 1 Sragen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan 6) Untuk mengetahui bahwa implementasi media audio visual adobe flash berbasis CTL di kelas XI SMAN 1 Sragen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Reseach and Development (R & D). Tahapan R & D menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluation (ADDIE). Desain penelitian menggunakan pre-test – post-test design, subyek penelitian adalah kelas X IPS 1 di SMA N 1 Sragen. Teknik pengumpulan data dengan tes, angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis menggunakan uji t atau t-test. Berdasarkan analisis data, dapat disajikan hasil penelitian sebagai berikut : 1) Dalam menunjang proses pembelajaran siswa membutuhakan media pembelajaran yang dikemas secara kreatif dan tidak monoton pada teks, maka perlu ada tambahan video dan model pembelajaran outdoor agar siswa dapat mengenal langsung peristiwa yang terjadi di sekitarnya; 2) Desain pengembangan menggunakan aplikasi adobe flash; 3) Pengembangan dilakukan dengan melihat hasil validasi dari tim ahli menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 80% dan respon tanggapan siswa uji coba menunjukkan respon positif dengan persentase 87%; 4) Implementasi dikalakukan dikelas XI IPS 1 SMA N Sragen pada empat kali pertemuan; 5) Perhitungan peningkatan penggunaan t-test diperoleh thitung=14,5 > ttabel=2,309 berarti hipotesis penelitian (Ha) diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan; 6) Berdasarkan persentase angket terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh skor 91 siswa berpikir kreatif sebelum penggunaan adobe flash dan setelah penggunaan adobe flash diperoleh skor 105. Kata kunci: Audio Visual Adobe Flash, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Materi Kearifan SDA, Pengembangan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 27 Dec 2017 21:33
    Last Modified: 27 Dec 2017 21:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38273

    Actions (login required)

    View Item