perbedaan pengaruh pendekatan TGT (Teams Game Tournament) dan drill terhadap kemampuan lay up kanan bola basket pada siswa ekstrakurikuler bolabasket SMPN 16 Surakarta tahun ajaran 2016/2017

Utama, Takai Satria (2017) perbedaan pengaruh pendekatan TGT (Teams Game Tournament) dan drill terhadap kemampuan lay up kanan bola basket pada siswa ekstrakurikuler bolabasket SMPN 16 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (816Kb)

    Abstract

    Takai Satria Utama. PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) DAN DRILL TERHADAP KEMAMPUAN LAY UP KANAN BOLA BASKET PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA BAKET SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh pendekatan TGT (Teams Game Tournament) terhadap hasil lay up shoot kanan siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 16 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017; (2) Pengaruh pendekatan drill terhadap hasil lay up shoot kanan siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 16 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017; (3) Latihan tembakan manakah yang lebih baik untuk meningkatkan hasil lay up shoot kanan siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 16 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa putra ekstrakurikuler basket SMP Negeri 16 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 30 orang. Pada penelitian ini tidak digunakan teknik pengambilan sampel karena merupakan penelitian populasi yang dimana semua populasi digunakan untuk menjadi subyek penelitian. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kemampuan lay up kanan bola basket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan lay up bola basket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dengan melalui uji prasyarat yaitu uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas dengan taraf signifikansi 5 %. Kesimuplan dari penelitian ini adalah : (1) Ada pengaruh pendekatan TGT (Teams Game Tournament) terhadap hasil lay up kanan siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 16 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017, dengan thitung = 5,870 > ttabel = 2,145. ; (2) Ada pengaruh pendekatan Drill terhadap hasil lay up kanan siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 16 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017, dengan thitung = 7,046 > ttabel = 2,145. ; (3) Model pendekatan Drill memberikan pengaruh yang lebih baik untuk meningkatkan hasil lay up kanan siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 16 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017, hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil lay up model pendekatan Drill = 94,872% > model pendekatan TGT = 60,000%. Kata kunci: lay up bola basket, model pendekatan lay up TGT (Teams Game Tournament), model latihan lay up Drill.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 27 Dec 2017 21:13
    Last Modified: 27 Dec 2017 21:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38270

    Actions (login required)

    View Item