UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DENGAN MODEL TUTOR TEMAN SEBAYA MENGGUNAKAN DUA PENGGARIS SEGITIGA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR PONDASI DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Wahyuni, Suri (2017) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DENGAN MODEL TUTOR TEMAN SEBAYA MENGGUNAKAN DUA PENGGARIS SEGITIGA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR PONDASI DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (591Kb)

    Abstract

    Suri Wahyuni . Rima Sri Agustin . Sutrisno . UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DENGAN MODEL TUTOR TEMAN SEBAYA MENGGUNAKAN DUA PENGGARIS SEGITIGA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR PONDASI DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo melalui model pembelajaran tutor teman sebaya dengan media dua penggaris segitiga. Tempat penelitian adalah di SMK Negeri 4 Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Waktu penelitian dilaksanakan dari Januari 2017 sampai September 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB B SMK Negeri 4 Sukoharjo mata pelajaran Menggambar Pondasi yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran Menggambar Pondasi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara guru dan siswa, observasi, dokumentasi, tes dan metode pekerjaan siswa. Uji validitas data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Hasil belajar ranah kognitif pada pratindakan sebesar 17,14%, pada siklus I hasil ranah kognitif mengalami peningkatan sebesar 60% dari pratindakan, sedangkan untuk siklus II mengalami peningkatasn sebesar 8,57% dari siklus I. Untuk persentase hasil belajar ranah afektif pratindakan sebesar 14,29% dan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 54,28%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 17,14% dari siklus I. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotorik pratindakan sebesar 31,43%, pada siklus I mengalami peningkatan dari pratindakan yaitu sebesar 42,86%. Pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 2,85%. Kata Kunci : model tutor teman sebaya, hasil belajar, ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotorik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 27 Dec 2017 20:35
    Last Modified: 27 Dec 2017 20:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38266

    Actions (login required)

    View Item