Pengaruh Model Pembelajaran Aktif dengan Metode Guided Note Taking terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik pada Siswa Kelas X SMKN 2 Sukoharjo

Wiyanto, Sugeng Sidik (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Aktif dengan Metode Guided Note Taking terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik pada Siswa Kelas X SMKN 2 Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (304Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Note Taking terhadap hasil belajar mekanika teknik pada siswa kelas X SMK N 2 Sukoharjo. Penelitian ini termasuk kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Posttest-Only Control Group Design dengan kelas eksperimen (model pembelajaran Guided Note Taking) dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh kelas X B sebagai kelompok eksperimen dan X A sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumen sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji-t, hasil analisis pada uji-t kemampuan pengetahuan (〖t 〗_hitung = 2,162 > 〖t 〗_tabel 2,0325), sikap (〖t 〗_hitung = 2,2026> 〖t 〗_tabel 2,0325), dan ketrampilan (〖t 〗_hitung 2,111 > 〖t 〗_tabel 2,0325). Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Guided Note Taking berpengaruh positif terhadap hasil belajar ranah pengetahuan, sikap, dan ketrampilan mekanika teknik pada siswa kelas X SMK N 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 Kata Kunci: Guided Note Taking, Hasil Belajar Siswa, Mekanika Teknik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 27 Dec 2017 20:24
    Last Modified: 27 Dec 2017 20:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38264

    Actions (login required)

    View Item