Pendeteksian Dini Krisis Keuangan di Indonesia Menggunakan Gabungan Model Volatilitas dengan Markov Switching Berdasarkan Indikator Kondisi Perbankan

Sari, Shania Puspita (2017) Pendeteksian Dini Krisis Keuangan di Indonesia Menggunakan Gabungan Model Volatilitas dengan Markov Switching Berdasarkan Indikator Kondisi Perbankan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (617Kb)

    Abstract

    Krisis keuangan yang telah beberapa kali menerpa Indonesia membuat perlu adanya pendeteksian dini untuk meminimalisir dampak krisis. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi krisis adalah dengan memodelkan data indikator krisis menggunakan gabungan model volatilitas dengan Markov switching. Terdapat beberapa indikator yang mampu mendeteksi krisis keuangan pada suatu negara. Tiga diantaranya yaitu indikator selisih suku bunga pinjaman dengan simpanan, suku bunga simpanan riil,dan selisih BI rate riil dengan Fed rate riil yang dapat dikatakan sebagai indikator kondisi perbankan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gabungan model volatilitas dengan Markov switching terbaik yang dapat digunakan untuk ketiga indikator tersebut yaitu model MS-GARCH(3,1,1) dengan asumsi tiga state. Krisis pada pertengahan tahun 1997 hingga 1998 berhasil terdeteksi oleh nilai smoothed probability dari ketiga indikator pada batas tertentu. Prediksi untuk tahun 2017 berdasarkan ketiga indikator menunjukkan tidak ada tanda-tanda akan terjadi krisis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 27 Dec 2017 17:02
    Last Modified: 27 Dec 2017 17:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38248

    Actions (login required)

    View Item