HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA DAN GARAM KELAS VII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 1 TASIKMADU TAHUN AJARAN 2009/2010

WRI WANDANA, CANDRA (2010) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KONSEP DIRI SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA DAN GARAM KELAS VII SEMESTER GASAL SMP NEGERI 1 TASIKMADU TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (152Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara : (1) kecerdasan emosional siswa dengan prestasi belajar kimia materi asam basa dan garam, (2) konsep diri siswa dengan prestasi belajar kimia materi asam basa dan garam, (3) kecerdasan emosional dan konsep diri siswa dengan prestasi belajar kimia materi asam basa dan garam. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tasikmadu tahun ajaran 2009/2010 dengan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII , sejumlah 7 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dan sampel penelitian adalah kelas VIIA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara memberikan tes kognitif, dan menyebar angket berupa : angket afektif, kecerdasan emosional dan konsep diri. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi dan Korelasi . Penelitian menyimpulkan bahwa : (1)Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar kognitif materi asam basa dan garam dengan rhitung = 0,427 > rtabel = 0,339 dan kontribusi sebesar 18,02 %. Untuk aspek afektif dengan rhitung = 0,385 > rtabel = 0,339 dan kontribusi sebesar 15,45 %. (2)Terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar kognitif materi asam basa dan garam dengan rhitung = 0,394 > rtabel = 0,339 dan kontribusi sebesar 15,77 %. Untuk aspek afektif dengan rhitung = 0,375 > rtabel = 0,339 dan kontribusi sebesar 13,63 %. (3)Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan konsep diri dengan prestasi belajar kognitif materi asam basa dan garam dengan harga Fhitung = 5,78 > Ftabel = 3,27. Besarnya Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif kecerdasan emosional adalah 55,79 % dan 14,45 %. Sedangkan besarnya Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif konsep diri adalah 44,21 % dan 11,45 %. Untuk aspek afektif dengan harga Fhitung = 4,69 > Ftabel = 3,27 ,besarnya Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif kecerdasan emosional adalah 51,92 % dan 11,47 %. Sedangkan besarnya Sumbangan Relatif dan Sumbangan Efektif konsep diri adalah 48,08 % dan 10,63 %.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 14 Jul 2013 18:30
    Last Modified: 14 Jul 2013 18:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3824

    Actions (login required)

    View Item