PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDN 2 GRENGGENG TAHUN AJARAN 2013/2014

Chotijah, Cintia (2017) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDN 2 GRENGGENG TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (112Kb)

    Abstract

    Cintia Chotijah. PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SDN 2 GRENGGENG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode Index Card Match dan media gambar dalam peningkatan pembelajaran pembelajaran bahasa Inggris, (2) meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Inggris melalui penerapan metode Index Card Match dan media gambar pada siswa kelas IV, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan metode Index Card Match dan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Grenggeng yang berjumlah 22 siswa terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru kelas IV, peneliti, observer dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas penelitian ini menggunakan triangulasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Langkah-langkah yang tepat dalam penerapan metode Index Card Match dan media gambar, yaitu (a) menyiapkan kartu index dan media gambar, (b) menyampaikan aturan pembelajaran, (c) membagikan kartu, (d) mencari pasangan kartu, (e) berpasangan membacakan kartu, (f) mengkonfirmasi jawaban, (g) mengulas materi pelajaran, (h) membuat kesimpulan. (2) Penerapan metode Index Card Match dan media gambar dapat meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas IV SDN 2 Grenggeng tahun ajaran 2013/2014. Terbukti dari peningkatan persentase ketuntasan dengan KKM ≥ 65 pada siklus I 77,3%, siklus II 88,6%, dan siklus III 100%. (3) Kendala penerapan metode Index Card Match dan media gambar yaitu (a) guru kurang dapat mengkondisikan siswa, (b) siswa tidak mau menerima pasangan kelompok, (c) media gambar terlalu kecil. Solusinya (a) guru lebih berusaha mengondisikan siswa, (b) guru menjelaskan kepada siswa agar dapat bekerjasama dengan semua teman, (c) guru memperbesar media gambar. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan metode Index Card Match dan media gamabr dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris tentang kosa kata pada siswa kelas IV SDN 2 Grenggeng tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: Index Card Match, media gambar, bahasa Inggris. ABSTRACT Cintia Chotijah. The Application Of Index Card Match Methods and Picture Media In Improving English Learning At Fourth Grade Students Of SDN 2 Grenggeng In The Academic Year of 2013/2014. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University. July 2017. The objectives of this study are: (1) to describe the application of Index Card Match method and picture media in improving English learning, (2) to improvement of English learning through Index Card Match method and picture media at the four grade students, (3) to describe the challenges and solutions in the implementation of Index Card Match method and picture media. This study is a Classroom Action Research (CAR) implemented in three cycles, with each cycle consisting of two meetings of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were four grade students of SDN 2 Grenggeng, amounting to 22 students, consisting of 11male students and 11 female students. Source of data in this study are students, four grade teacher, researcher, observer and documents. Data collection techniques used tests, interviews, observation and documentation. Validity of data in this study used triangulation. Analysis of data used statistical analysis techniques and descriptive analysis. The results show that: (1) the appropriate steps in the application of Index Card Match method and picture media, namely (a) prepare the Index Card and picture media, (b) submit the rules of the learning, (c) distributing cards, (d) search for pairs of cards, (e) pairs read the cardv, (f) confirm the answer, (g), review the subject matter, and (h) make the conclusion. (2) The application of Index Card Match and picture media can improve English learning outcomes at the four grade students of SDN 2 Grenggeng in the academic year of 2013/2014. It can be proven by mastery of learning with minimum passing criteria percentage of more than 65 in the first cycle of 77,3%, 88,6% in the second cycle, and in the third cycle of 100%. (3) Constraints in the application of Index Card Match method and picture media, namely (a) the teacher was not able to manage the students, (b) the students do not accept group pair, and (c) the picture media too small. The solutions are (a) the teacher tries to manage students, (b) the teacher explains to students to cooperate with all friends, and (c) the teacher enlarges the picture media. Conclusion of this study is the application of Index Card Match method and picture media can improve English learning at the four grade students of SDN 2 Grenggeng in the academic year of 2013/2014. Keywords: Index Card Match, Picture Media, English learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 27 Dec 2017 14:18
    Last Modified: 27 Dec 2017 14:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38216

    Actions (login required)

    View Item