Penerapan Kualitas Pelayanan di SPBU Teras Boyolali Guna Meningkatkan Minat Beli Ulang Konsumen

Ananta, Resa Juan (2017) Penerapan Kualitas Pelayanan di SPBU Teras Boyolali Guna Meningkatkan Minat Beli Ulang Konsumen. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (824Kb)

    Abstract

    Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui tingkat penerapan kualitas pelayanan yang diterima oleh masyarakat pada dasarnya, dan khususnya untuk mengetahui minat beli ulang konsumen di SPBU Teras Boyolali. Minat beli ulang diketahui dari lima dimensi pelayanan yaitu Tangible (bukti langsung), Reliabilities (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Emthy (perhatian), yang selanjutnya guna mengetahui dimensi manakah yang dianggap oleh konsumen sebagai dimensi paling baik dan kurang baik dalam hal untuk meningkatkan minat beli ulang konmsumen di SPBU Teras Boyolali. Penelitian ini menggunakan survei sebagai instrumen penelitian dan metode pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan penelitian magang, studi pustaka, dan dengan penyebaran kuisioner. Metode penelitian yang di gunakan dengan cara diskriptif kualitatif, dan teknik penyajian data yang di gunakan adalah dengan metode analisis diskriptif. Penulis mengambil objekpada TBBM Boyolali untuk magang danSPBU Teras Boyolaliuntuk tempat penelitiannya dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan berdasar populasi yaitu konsumen yangpernah membeli produk dan mendapatkan jasa dari pembelian produk di SPBU Teras Boyolali. Berdasarkan pada data yang telah diolah, di dapatkan hasil bahwa dari lima dimensi pelayanan yaitu Tangible (bukti langsung), Reliabilities (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (perhatian), dimensi yang dinilai responden kurang baik adalah dimensi Assurance (jaminan) dan pada dimensi Reliability (Keandalan) menjadi dimensi Kualitas Pelayanan yang dinilai paling baik guna meningkatkan minat beli ulang konsumen. Kata kunci : kualitas layanan, layanan prima, kepuasan konsumen, Tangible (bukti langsung), Reliabilities (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (perhatian)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 27 Dec 2017 13:29
    Last Modified: 27 Dec 2017 13:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38207

    Actions (login required)

    View Item