PENGARUH PELAYANAN SISTEM PEMBAYARAN SECARA ON-LINE TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PENDAPATAN DAN PEMBERDAYAAN ASET DAERAH UP3AD KOTA SURAKARTA BESERTA UNIT PELAYANAN SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL DI BAWAH SATU ATAP (SAMSAT) KOTA SURAKARTA

FATIMAH, SITI (2010) PENGARUH PELAYANAN SISTEM PEMBAYARAN SECARA ON-LINE TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PENDAPATAN DAN PEMBERDAYAAN ASET DAERAH UP3AD KOTA SURAKARTA BESERTA UNIT PELAYANAN SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL DI BAWAH SATU ATAP (SAMSAT) KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (847Kb)

    Abstract

    Pendapatan Asli Daerah yang salah satunya adalah Pajak Kendaraan Bermotor merupakan pendapatan terbesar dari sektor pajak daerah, meskipun setiap tahun target ditingkatkan. UP3AD yang dipercaya mengelola pendapatan di Provinsi Jawa Tengah, berupaya menjadi instansi yang menerapkan transparansi akuntabilitas maupun kredibilitas dalam melayani masyarakat. Status Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah sebagai salah satu dinas yang mendukung Pendapatan Asli Daerah, berupaya untuk terus menerus mengoptimalkan seluruh kemampuan dinas agar Pendapatan Asli Daerah setiap tahun meningkat seiring tuntutan kemajuan perkembangan perekonomian di Jawa Tengah. Implementasi dari kebijakan untuk menjadi dinas yang mampu mewujudkan pendapatan yang optimal tersebut dilandasi dengan upaya pelayanan yang memuaskan masyarakat secara terus menerus selalu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia para aparat Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah serta penyederhanaan sistem dan prosedur pelayanan (pelayanan cepat, tepat dan biaya ringan) dengan tetap memperhatikan asas keadilan, pemerataan manfaat dan kemampuan masyarakat melalui peningkatan mutu pelayanan dan kualitas aparat yang tercermin dalam peningkatan disiplin kerja penyempurnaan sistem 3 administrasi, juga meningkatkan pembinaan secara terpadu dengan instansi yang terkait sesuai dengan kewenangan masing-masing unsur. Status Direktorat Pendapatan Daerah seiring dengan proses perkembangan pembangunan di Jawa Tengah ditingkatkan menjadi Dinas Pendapatan Daerah (DIPENDA) Propinsi Jawa Tengah, meski status berubah pendapatan tetap ditingkatkan targetnya. Guna meningkatkan pendapatan daerah, dirintis usaha intensifikasi dan ekstensifikasi sampai timbulnya Sistem Administrasi Manunggal dibawah Satu Atap selanjutnya disingkat SAMSAT (Niken Damayanti: 2008). Salah satu inovasi pemerintah dalam meningkatkan pendapatan daerah dalam sektor perpajakan adalah didirikanya Samsat. Namun dalam prakteknya, peraturan yang diberlakukan dalam masing-masing daerah berbeda, sehingga mengakibatkan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), maupun Bea balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) tidak seragam. Disamping itu, pengurusan terhadap kendaraan bermotor mengalami hambatan karena pemilik harus datang ke berbagai kantor untuk mengurus berbagai keperluan yang diperlukan dalam kepemilikan kendaraan bermotor tersebut. Untuk mengurus Pajak harus datang ke Kantor Dipenda, untuk membayar Jasa Raharja harus datang ke Kantor Perwakilan Jasa Raharja, untuk mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan Buku pemilik kendaraan Bermotor (BPKB) harus datang ke Kantor Polisi. Hal ini 4 mengakibatkan banyak waktu, tenaga dan biaya yang terbuang (Puji wahyu Sejati: 2007). Seiring dengan perkembangan jaman, mulai tanggal 01 Nopember 2005 Kantor Bersama Samsat se-Provinsi Jawa Tengah menerapkan dan memanfaatkan teknologi informasi dengan fasilitas On-Lineantar Samsat seJawa Tengah dan merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang telah memanfaatkan sarana teknologi On-Line ini, mengapa satu-satunya?karena di Jawa Tengah On-Linebisa menjangkau seluruh Samsat yang ada di wilayah Jawa Tengah, baik Samsat Induk, Samsat cabang pembantu, Samsat Keliling maupun Samsat Cepat dan Samsat Mall. Teknologi inilah yang tidak dimiliki Provinsi lain di Indonesia. Kendaraan yang bisa difasilitasi dengan On-Line adalah kendaraan yang pajak ulang setiap tahun tanpa perubahan atau pemutakhiran data. Hakekat sistem On-Line adalah fleksibilitas pelayanan, wajib pajak (WP) dapat membayar PKB dan mengesahkan STNK di Samsat manapun di Jawa Tengah tidak perlu ke Samsat asal. Dengan kata lain Samsat ada dimana-mana dan WP bisa membayar ke mana saja (Danang Sasongko: 2008). On-Line antar Samsat yang telah berlangsung sejak 01 Nopember 2005 ini, diharapkan mampu meningkatkan pendapatan PKB. Sistem On-Line ini diharapkan memberikan pengaruh yang besar terhadap pendapatan PKB, mengingat semakin tingginya target yang harus dicapai setiap tahunnya. Dengan adanya target yang harus dicapai setiap tahunnya maka dapat 5 dipastikan obyek PKB maupun nominalnya diharapkan juga mendekati target yang dibebankan oleh Dipenda Provinsi Jawa Tengah. Khusus On-Line antar Samsat, tidak ada target khusus hanya ada kompetisi antar Samsat se-Provinsi Jawa Tengah dengan masing-masing strateginya untuk meningkatkan Pendapatan PKB pada Kantor Bersama Samsat. Tujuan penerapan sistem On-line adalah memudahkan WP untuk melakukan pembayaran serta mempercepat proses pengolahan data. WP tidak harus lagi melakukan pembayaran pada Samsat setempat dimana WP terdaftar, tetapi WP dapat melakukan kewajiban perpajakan di Samsat lain yang telah menerapkan sistem pembayaran PKB secara On-Line dalam satu wilayah se-Jawa Tengah. Selain itu WP juga bisa melakukan proses pembayaran PKB secara On-Line di Bank yang telah ditunjuk dalam pembayaran PKB ini. Pelayanan terhadap pembayaran PKB dengan sistem On-Linediharapkan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas sehingga mampu melakukan pengumpulan, pengklasifikasian, perhitungan, dan penyajian data yang benar kaitannya dengan informasi yang relevan, akurat, lengkap, dan disajikan tepat waktu. Dengan adanya sistem On-Line yang diterapkan pada Samsat akan mempengaruhi penerimaan PKB yang diterima oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti peningkatan pendapatan daerah atas PKB dalam kaitannya dengan diberlakukannya pelayanan sistem On-Line pada Kantor Bersama 6 Samsat dengan mengangkat topik “PENGARUH PELAYANAN SISTEM PEMBAYARAN SECARA ON-LINE TERHADAP PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA DINAS PENDAPATAN DAN PEMBERDAYAAN ASET DAERAH UP3AD KOTA SURAKARTA BESERTA UNIT PELAYANAN SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL DI BAWAH SATU ATAP (SAMSAT) KOTA SURAKARTA”.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Yudha Adhitya
    Date Deposited: 14 Jul 2013 18:27
    Last Modified: 14 Jul 2013 18:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3820

    Actions (login required)

    View Item