PENINGKATAN KETERAMPILAN EKSPERIMEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Wiropaten Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

Nadia, Farah Hanan (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN EKSPERIMEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Wiropaten Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (620Kb)

    Abstract

    Farah Hanan Nadia. K7113080. PENINGKATAN KETERAMPILAN EKSPERIMEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Wiropaten Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan eskperimen melalui model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) pada siswa kelas V SD Negeri Wiropaten Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri Wiropaten dan siswa kelas V SD Negeri Wiropaten Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan keterampilan eksperimen pada pembelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan eksperimen pada setiap siklusnya, yaitu pada tindakan prasiklus diperoleh nilai rata-rata 60,69, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,5, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 75,71. Jumlah siswa yang nilainya mencapai batas kelulusan kategori terampil (70) pada prasiklus sebanyak siswa 7 atau 33%, pada siklus I sebanyak 10 siswa atau 48%, dan pada siklus II sebanyak 17 siswa atau 81%. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan keterampilan eksperimen pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Wiropaten Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : means-ends analysis (mea), keterampilan eksperimen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Intan M Kusumastuti
    Date Deposited: 27 Dec 2017 08:21
    Last Modified: 27 Dec 2017 08:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38189

    Actions (login required)

    View Item