ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP NEGERI 2 GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017

BINTARA, FAJAR EKA (2017) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP NEGERI 2 GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (736Kb)

    Abstract

    Fajar Eka Bintara. K1213024. Alih Kode dan Campur Kode dalam Kegiatan Belajar Mengajar Siswa dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Diskusi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Negeri 2 Gedangsari Kabupaten Gunungkidul Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2017. Penelitian ini menjelaskan dan mendeskripsikan tentang; (1) bentuk alih kode dan campur kode dalam kegiatan belajar mengajar pada kelas delapan SMP Negeri 2 Gedangsari; (2) fungsi alih kode dan campur kode dalam kegiatan belajar mengajar pada kelas delapan SMP Negeri 2 Gedangsari; (3) dampak alih kode dan campur kode dalam kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas delapan SMP Negeri 2 Gedangsari; dan (4) relevansi alih kode dan campur kode dalam kegiatan belajar mengajar sebagai materi ajar diskusi kelas delapan di SMP Negeri 2 Gedangsari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini merupakan tiga dokumentasi video kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 2 Gedangsari yang terdiri atas: (1) mata pelajaran Bahasa Indonesia; (2) mata pelajaran Biologi; dan (3) mata pelajaran Bimbingan dan Konseling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah analisis dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas data dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi sumber dan teori. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bentuk alih kode dalam kegiatan belajar mengajar adalah alih kode intern dan alih kode ekstern, serta bentuk campur kode dapat dikelompokkan berdasarkan unsur kebahasaan yaitu unsur kata, frasa, dan klausa, selanjutnya berdasarkan macam bahasa yaitu campur kode intern dan ekstern. Fungsi alih kode dalam kegiatan belajar mengajar antara lain untuk memberi contoh, memberi perintah, atau menghormati; dan fungsi campur kode antara lain untuk menambah informasi atau mengutip, memberi penekanan, dan memberi pujian. Alih kode dan campur kode dalam kegiatan belajar mengajar memberi dampak positif dan negatif. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa alih kode dan campur kode dalam kegiatan belajar mengajar dapat dijadikan sebagai materi ajar diskusi pada kelas delapan SMP Negeri 2 Gedangsari. Kata kunci: alih kode, campur kode, kegiatan belajar mengajar, materi ajar, pembelajaran Bahasa Indonesia, diskusi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Intan M Kusumastuti
    Date Deposited: 27 Dec 2017 07:56
    Last Modified: 27 Dec 2017 07:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38187

    Actions (login required)

    View Item