Muatan Propaganda pada Media Massa (Analisis Isi Propaganda dalam Berita pada Majalah Djawa Baroe Masa Pendudukan Jepang di Indonesia Tahun 1942-1945)

kurniasih , eti (2017) Muatan Propaganda pada Media Massa (Analisis Isi Propaganda dalam Berita pada Majalah Djawa Baroe Masa Pendudukan Jepang di Indonesia Tahun 1942-1945). Masters thesis, sebelas maret university.

[img] PDF - Published Version
Download (131Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ETI KURNIASIH. NIM: S231408022. 2017. MUATAN PROPAGANDA PADA MEDIA MASSA( Analisis Isi Propaganda dalam Berita pada Majalah Djawa Baroe Masa Pendudukan Jepang di Indonesia Tahun 1942-1945). TESIS. Pembimbing I: Prof. Drs. Pawito, Ph.D. Pembimbing II : Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph.D. Program Studi Ilmu Komunikasi (Manajemen Komunikas), Program Studi Ilmu Komunikasi (Manajemen Komunikasi), Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Djawa Baroe adalah majalah buatan pemerintah Jepang di Indonesia semasa Perang Dunia II dalam rangka mendukung Jepang saat perang melawan sekutu. Majalah ini menjadi menarik untuk diteliti, karena memberikan porsi yang cukup besar dalam memberitakan perang Asia Timur Raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana muatan propaganda pada Majalah Djawa Baroe dalam memberitakan suatu peristiwa pada masa pendudukan Jepang di Indonesia pada tahun 1942-1945 serta mengetahui tingkat perbedaan pada isi pesan berdasarkan tipe atau jenis propaganda serta teknik propaganda. Penelitian ini menggunakan teori propaganda dimana pesan yang disampaikan dilakukan oleh satu ke banyak orang (one-to-many), dimana penyebaran pesan terlebih dahulu telah direncanakan secara seksama untuk mengubah sikap, pandangan, pendapat dan tingkah laku dari penerima atau komunikan sesuai dengan pola yang telah ditetapkan oleh komunikator. Metode yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan deskriptif yaitumenggambarkan fakta dan gejala dari suatu pesan atau teks tertentu serta menggunakan uji statistik chi square untuk mengetahui apakah terdapat pebedaan yang signifikan pada isi pesan. Berdasarkan frekuensi dari isi majalah tersebut,tipe propaganda yang paling banyak muncul adalah propaganda putih. Propaganda putih dapat dikategorikan sebagai persuasi secara halus yang dibuat untuk mempengaruhi pembacanya tidak hanya mengemukakan pendapat dari penulisnya tetapi juga disertai sumber yang jelas. Sementara frekuensi dari teknik propaganda yang paling banyak muncul adalah Plain Folk. Jepang tampak berupaya menempatkan dirinya sebagai sosok sederhana dan merupakan bagian dari rakyat yang memiliki kepedulian. Hasil uji chi square menunjukkan bahwa pada kategori tipe propaganda terhadap teknik propaganda nilai X² hitung sebesar 30,303 dengan derajad kebebasan (df) =12, kemudian dibandingkan pada tabel distribusi X², nilai X²tabel ternyata melampaui nilai kritis yang ditetapkan yaitu 21,03. Dengan demikian terdapat perbedan yang signifikan dari tujuh teknik propaganda terhadap tipe propaganda. Tipe propaganda terhadap teknik propaganda yang paling menonjol dalam majalah Djawa Baroe adalah propaganda hitam dengan teknik propaganda Name Calling dengan nilai X² sebesar 8,39. Hal ini berarti Jepang berupaya menjelek-jelekkan atau merendahkan, menghina, dan menggambarkan permusuhan dengan pihak lawannya dengan sumber yang dapat diidentifikasi maupun secara tersembunyi atau ditutup-tutupi sehingga informasi ataupun asal-usul dari propaganda dapat tersamarkan dalam mempengaruhi pembaca dan motivasi mereka yang tidak benar-benar terlihat. Kata Kunci : Madjalah Djawa Baroe, Analisis Isi, Pendudukan Jepang, Muatan Propaganda.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 27 Dec 2017 06:47
    Last Modified: 27 Dec 2017 06:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38170

    Actions (login required)

    View Item