FAKTOR-FAKTOR PRIORITAS PEMILIHAN LOKASI SHOPPING MALL DI KOTA SURAKARTA

hall stefanda dwi satria, darryl (2017) FAKTOR-FAKTOR PRIORITAS PEMILIHAN LOKASI SHOPPING MALL DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, sebelas maret university.

[img] PDF - Published Version
Download (404Kb)

    Abstract

    Lokasi merupakan penentu daya tarik suatu pasar modern. Beberapa aktor yang menentukan lokasi optimum suatu retail/perdagangan yaitu aksesibilitas, specific site, kebijakan zonasi, Kesesuaian Aturan Zonasi, Aksesibilitas, Harga Tanah, Ketersediaan Jaringan Prasarana, Kesesuaian kondisi geologi dan hidrologi, Jarak jangkauan customer, dan Tenant Mix. Shopping Mall umumnya merupakan bangunan besar, tertutup lantai lebih dari satu dengan luas minimal 9200 m2 dengan karakteristik utama pusat perbelanjaan dalam satu atap atau one stop. Perkembangan penanaman modal di Surakarta sebagai Trade Centre membuat banyak investor yang menanamkan modalnya dibidang perdagangan, termasuk Shopping Mall. Perkembangan Shopping Mall diawali pada tahun 2004 ketika Solo Grand Mall berdiri, selanjutnya Solo Square pada tahun 2006 dan Solo Paragon pada tahun 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor Prioritas yang mempengaruhi pemilihan lokasi Shopping Mall di Kota Surakarta. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis prioritas dalam Analytic Hierarchi Process. Berdasarkan hasil analisis AHP, faktor yang menjadi prioritas bagi Shopping Mall di Kota Surakarta secara berurutan yaitu Peraturan Zonasi Daerah Setempat, Konsumen, Aksesibilitas, Ketersediaan Jaringan Listrik dan Jaringan Drainase, Harga Lahan, Kesesuaian Kondisi Geologi dan Hidrologi, Keterkaitan Spasial dan yang terakhir adalah Lokasi dan Jarak dengan Pesaing Location is an attractive determiner of a modern market. The factors determining optimum of a retail/commerce are the accessibility, the specific site, the zoning policy, the compatibility zoning regulation, the accessibility, the price of land, the availability of infrastructure system, the compatibility condition of geology and hydrology, the range of customer, and Tenant Mix. Generally, Shopping Mall is a high building having more than one story with minimum wide of 9200 m2 with the main characteristic of one stop shopping center. The development of investment in Surakarta, as Trade Centre, has many people invested in commercial field, including Shopping Mall. The development of Shopping Mall started when Solo Grand Mall is built in 2004, then Solo Square in 2006 and Solo Paragon in 2010. They all have the same factor of choosing the location that is in the South part of Surakarta. This research is purposes to discover the priority factors affecting the choosing location of Shopping Mall in Surakarta by using priority analysis in Analytic Hierarchi Process. In result, the priority factors are the regulation of zoning local, consumen, accessibility, the availability of electrical system and drainage system, the price of land, the compatibility condition of geology and hydrology, Spacial connection, and the last but not least is the location and the distance with other Shopping Mall.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
    Divisions: Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 27 Dec 2017 06:11
    Last Modified: 27 Dec 2017 06:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38157

    Actions (login required)

    View Item