UPAYA PEMBUKTIAN SURAT DAKWAAN BERBENTUK ALTERNATIF OLEH PENUNTUT UMUM DALAM TINDAK PIDANA PENGRUSAKAN DAN IMPLIKASI TERHADAP PERTIMBANGAN HAKIM MEMUTUS PERKARA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Langsa Nomor 131/Pid.B/2015/PN.Lgs)

anhan o, alfian (2017) UPAYA PEMBUKTIAN SURAT DAKWAAN BERBENTUK ALTERNATIF OLEH PENUNTUT UMUM DALAM TINDAK PIDANA PENGRUSAKAN DAN IMPLIKASI TERHADAP PERTIMBANGAN HAKIM MEMUTUS PERKARA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Langsa Nomor 131/Pid.B/2015/PN.Lgs). Other thesis, sebelas maret university.

[img] PDF - Published Version
Download (795Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran upaya penuntut umum dalam melakukan upaya pembuktian terhadap dakwaannya dalam perkara tindak pidana pengrusakan apakah sudah sesuai dengan pasal 184 ayat 1 KUHAP dan ketentuan yang lain serta implikasi terhadap pertimbangan pertimbangan bagi hakim dalam memutus perkara tindak pidana pengrusakan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif dan bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapat dari keterangan atau pengetahuan-pengetahuan yang diperoleh sacara tidak langsung, antara lain mencakup dokumen-dokumen resmi, buku-buku, hasil-hasil penelitian yang berwujud laporan. Data sekunder penelitian ini diperoleh dari Peraturan Perundang-undangan, jurnal, buku ataupun hal lain yang berkaitan dengan pembuktian dan pertimbangan hakim serta tindak pidana pengrusakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, upaya pembuktian yang dilakukan oleh penuntut umum sudah tepat dan benar sesuai dengan pasal 184 KUHAP dengan menghadirkan minimal 2 alat bukti yaitu saksi-saksi dan keterangan terdakwa serta dilengkapi dengan barang bukti yang berhasil diajukan dalam persidangan. Penuntut umum juga berhasil membuktikan semua alat bukti yang dihadirkan saling berkesesuaian satu sama lain dan juga memberi keterangan yang sesuai dengan pasal yang didakwakan. Kedua, Pertimbangan-pertimbangan hakim dalam memutus serta menjatuhkan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana pengrusakan telah sesuai dengan aturan pasal 183 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP. Kata Kunci : Pembuktian, Pertimbangan Hakim, Jaminan Hak Tanggungan. .

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 27 Dec 2017 05:43
    Last Modified: 27 Dec 2017 05:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38149

    Actions (login required)

    View Item