Penerapan Teknik Berkirim Salam dan Soal Menggunakan Media Kartu untuk Meningkatkan Keterampilan Berdiskusi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIA 4 SMA N Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017

MAULANA, ANI (2017) Penerapan Teknik Berkirim Salam dan Soal Menggunakan Media Kartu untuk Meningkatkan Keterampilan Berdiskusi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIA 4 SMA N Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (716Kb)

    Abstract

    ujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi dan prestasi belajar siswadalam pembelajaran sejarah melalui penerapan teknik berkirim salam dan soal menggunakan media kartu kelas X MIA 4 SMA N Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA N Gondangrejo Karanganyar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan tes. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Proses penelitian dilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berdiskusi siswa pada proses pembelajaran sejarah dikategorikan tinggi, hal ini dapat dilihat dari angka presentase pencapaian indikator keterampilan berdiskusi siswa. Pada tahap pratindakan, angka presentase pencapaian keterampilan berdiskusi sebesar 62,49%. Pada tahap siklus I mengalami peningkatan menjadi 70,70% dan pada tahap siklus II meningkat menjadi 77,74%. Pencapaian tersebut telah melampaui terget penelitian yang ditetapkan yaitu ≥75%. Sedangkan, prestasi belajar siswa dapat dikategorikan baik, hal ini dapat dilihat dari presentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM = 70) siswa di kelas. Pada tahap pratindakan yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 23 siswa (65,71%). Kemudian, pada tahap siklus I yang mencapai nilai batas minimal KKM (70) meningkat dibanding dengan tahap pratindakan yakni menjadi 26 siswa(74,29%). Pada tahap siklus II yang mencapai nilai batas minimal KKM (70) meningkat lagi menjadi 28 siswa (80%). Pencapaian tersebut telah melampaui target penelitian yang ditetapkan yaitu ≥75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik berkirim salam dan soal menggunakan media kartu dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi dan prestasi belajar sejarah siswa kelas X MIA 4 SMA N Gondangrejo Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: media kartu, berkirim salam dan soal, keterampilan berdiskusi, prestasi belajar, pembelajaran sejarah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 26 Dec 2017 22:13
    Last Modified: 26 Dec 2017 22:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38127

    Actions (login required)

    View Item