Wiranti, Prisilia Dhika (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING (PETA PEMIKIRAN) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MEMPERBAIKI PROSES BELAJAR SISWA KELAS X TGB PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK N 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.
![]() | PDF - Published Version Download (1438Kb) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbaikan proses belajar siswa dan (2) untuk mengetahui peningkatan hasil tes evaluasi belajar siswa kelas X TGB Program Keahlian Bangunan pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan di SMK N 2 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dengan perencanaan berupa menyiapkan perangkat pembelajaran dan menyiapkan instrumen penelitian untuk penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi untuk tindakan siklus II. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Data diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping (peta pemikiran) dengan media gambar dapat : (1) memperbaiki proses belajar dan (2) meningkatkan hasil tes evaluasi belajar siswa kelas X TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Siswa menjadi lebih baik dalam proses belajar meliputi aktivitas belajar, partisipasi siswa dalam diskusi dan proses belajar dengan metode mind mapping. Hasil tes evaluasi belajar siswa mengalami kenaikan persentase sebesar 9,88% dari pra siklus sampai siklus I,dan dari siklus I ke siklus II naik 68,74%, pada aktivitas belajar siswa, partisipasi siswa dan proses belajar dengan metode mind mapping sudah mencapai predikat Baik dan Sangat Baik. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, Mind Mapping, Proses Belajar, Hasil tes evaluasi belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Reni reni |
Date Deposited: | 26 Dec 2017 19:19 |
Last Modified: | 26 Dec 2017 19:19 |
URI: | https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38102 |
Actions (login required)
View Item |