Peningkatan Keragaman dan Kelimpahan Musuh Alami Hama Melalui Manipulasi Agroekosistem Kopi dengan Menanam Tumbuhan Berbunga

P, Nurhayati (2017) Peningkatan Keragaman dan Kelimpahan Musuh Alami Hama Melalui Manipulasi Agroekosistem Kopi dengan Menanam Tumbuhan Berbunga. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (424Kb)

    Abstract

    Kopi robusta merupakan salah satu komoditas penting di Indonesia. Namun produktivitasnya masih tergolong rendah karena adanya berbagai masalah seperti serangan hama. Musuh alami seharusnya mampu menekan serangan hama, tetapi populasinya rendah karena penerapan sistem monokultur dan penggunaan pestisida secara terus-menerus. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan habitat yang menguntungkan musuh alami adalah penanaman tumbuhan berbunga jenis orok-orok (Crotalaria juncea). Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari pengaruh penanaman tumbuhan berbunga terhadap keragaman dan kelimpahan musuh alami. Penelitian ini menggunakan dua petak kopi yaitu petak perlakuan dan petak kontrol masing-masing seluas 7.200 m2. Metode pengamatan yang digunakan adalah metode mutlak dan indeks populasi. Variabel penelitian yang diamati adalah keragaman, kelimpahan, dan aktivitas harian musuh alami, serta persentase hama terparasit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah musuh alami pada tanaman kopi di petak perlakuan (2.076 ekor) lebih tinggi dibandingkan jumlah musuh alami pada tanaman kopi di petak kontrol (1.311 ekor). Persentase telur Hemiptera di petak kontrol yang terparasit oleh Telenomus yaitu 95%. Semua musuh alami yang ditemukan mengunjungi bunga kopi dan bunga orok-orok ketika pagi hari (08.00-10.00). Vespidae adalah predator yang paling lama mengunjungi bunga kopi dan bunga orok-orok.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 26 Dec 2017 18:33
    Last Modified: 26 Dec 2017 18:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38092

    Actions (login required)

    View Item