Model Pembelajaran Sejarah Indonesia Baru Berbasis Nilai Asthabrata dengan Pendekatan Dekonstruksi untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta

Abidin, Nur Fatah (2017) Model Pembelajaran Sejarah Indonesia Baru Berbasis Nilai Asthabrata dengan Pendekatan Dekonstruksi untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (411Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendefinisikan sikap kepemimpinan dan kebutuhan pembelajaran Sejarah Indonesia Baru (SIB) di Prodi Pendidikan Sejarah FKIP UNS; (2) merancang model pembelajaran SIB berbasis nilai asthabrata (PSAD) untuk meningkatkan sikap kepemimpinan mahasiswa; (3) mengembangkan, menguji efektifitas, dan membahas model PSAD; (4) mendiseminasikan model PSAD. Penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D Thiagarajan, terdiri dari tahap: (1) define, (2) design, (3) development, (4) disemination. Subyek penelitian pengembangan ini adalah mahasiswa semester 5 Prodi Pendidikan Sejarah UNS. Hasil tahap define menunjukkan bahwa tingkat pemahaman sikap kepemimpinan mahasiswa berada pada tingkatan menerima dan menanggapi sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan sikap kepemimpinan mahasiswa. Pada tahap design, peneliti merancang sintak dan perangkat pembelajaran model PSAD. Sintak model PSAD yaitu: (1) apersepsi; (2) pemaparan masalah; (3) pengumpulan informasi; (4) merumuskan solusi permasalahan; dan (5) memaparkan solusi masalah. Perangkat pembelajaran terdiri dari: penilaian kognitif, afektif, psikomotorik, dan sistem pendukung pembelajaran yaitu modul dan buku pegangan dosen. Pada tahap development peneliti melakukan uji coba dan uji efektifitas model PSAD. Hasil tahap development menunjukkan bahwa model PSAD secara konsisten dapat dioperasionalisasikan. Sementara itu, hasil uji efektifitas menunjukkan nilai t hitung paired sample test kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah sebesar -8,305<-2,045 (t tabel). Maka, terbukti ada perbedaan sikap kepemimpinan mahasiswa sebelum dan sesudah pelaksanaan model PSAD. Nilai sig. equal variances assumed pada independent sample test adalah sebesar 0,030<0,05. Artinya, kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak memiliki data identik. Mean kelas ekperimen (35,73) lebih besar dari mean kelas kontrol (33,17) sehingga data kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Efektifitas model PSAD ini dihasilkan dari kemampuan model PSAD untuk meninternalisasikan nilai kepemimpinan asthabrata dan mengembangkan tingkatan afekif mahasiswa mencapai tingkatan pengorganisasian dan mengkarakteristik melalui pendekatan dekonstruksi. Pada tahap disemination, temuan ini mendukung perspektif pembelajaran post-konstruktivistik bahwa kearifan lokal dapat mengembangkan aspek afektif serta teori kepemimpinan altruistik yang menekankan sifat agensial dari seorang pemimpin.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 26 Dec 2017 18:22
    Last Modified: 26 Dec 2017 18:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38090

    Actions (login required)

    View Item