PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X TGB SMKN 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017

DIANTANTRA, YOGA (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X TGB SMKN 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (328Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yoga Diantantra. K1511053. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X TGB SMKN 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Pada Siswa Kelas X SMKN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Posttest-Only Control Group Design dengan kelas eksperimen (Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray) dan kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh kelas X A sebagai kelompok eksperimen dan X B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumen sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh positif terhadap hasil belajar ranah pengetahuan, sikap, dan ketrampilan mekanika teknik pada siswa kelas X SMK N 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 Kata Kunci: Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Mekanika Teknik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 26 Dec 2017 16:53
    Last Modified: 26 Dec 2017 16:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38072

    Actions (login required)

    View Item