Pelaksanaan Pembelajaran gerabah mata pelajaran seni budaya kelas VII A di SMP Negeri 2 Slogohimo tahun ajaran 2016/2017

Apriliana, Tyas (2017) Pelaksanaan Pembelajaran gerabah mata pelajaran seni budaya kelas VII A di SMP Negeri 2 Slogohimo tahun ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (666Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tyas Apriliana. K3213058. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GERABAH MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII A DI SMP NEGERI 2 SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran gerabah mata pelajaran seni budaya kelas VII A di SMP N 2 Slogohimo, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran gerabah mata pelajaran seni budaya kelas VII A di SMP N 2 Slogohimo, (3) hasil pembelajaran gerabah berdasarkan ide, bentuk, kerapian dan finishing. Penelitan dilaksanakan di SMP N 2 Slogohimo kelas VII A pada bulan April-Juni 2017. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi Guru Seni Budaya SMP N 2 Slogohimo, peserta didik kelas VII A, lokasi penelitian, perangkat pembelajaran dan nilai tugas. Teknik pengambilan subyek penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas yang dipakai adalah triangulasi sumber dan review informan. Teknik analisis data adalah flow model analysis yang meliputi: periode pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tujuan pembelajaran yang belum sesuai dengan RPP yang telah dibuat berdasarkan KTSP 2006. Materi pembelajaran yang digunakan guru telah sesuai dengan kompetensi dasar yang tercantum dalam silabus pembelajaran SMP kelas VII semester 2. Terdapat tiga metode yang digunakan guru yaitu metode demonstrasi, pemberian tugas dan latihan. Media pembelajaran yang digunakan guru yaitu berupa papan tulis, power point dengan menggunakan LCD dan model kerajinan gerabah. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru yaitu melakukan remidial bagi peserta didik yang nilainya masih di bawah KKM. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran gerabah yaitu berupa tanah liat yang sangat mudah untuk ditemukan dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran gerabah antara lain dari sarana prasarana, pemahaman peserta didik dan contoh gerabah yang kurang. Nilai rata-rata kelas VII A bardasarkan ide, bentuk, kerapian dan finishing yaitu 79,83 untuk desain gerabah, sedangkan rata-rata untuk hasil karya gerabah yaitu 82,00. Semua peserta didik kelas VII A telah mencapai KKM, sehingga guru tidak perlu melakukan remidi. Kata kunci: pembelajaran, gerabah, hasil pembelajaran ABSTRACT Tyas Apriliana. K3213058. THE IMPLEMENTATION OF POTTERY LEARNING IN CULTURAL ART SUBJECT IN THE 7THA GRADE OF SMP NEGERI 2 SLOGOHIMO OF WONOGIRI REGENCY IN THE SCHOOL YEAR OF 2016/2017. Thesis, Teacher Training and Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University, August 2017. The objective of research was to find out: (1) the implementation of pottery learning in Cultural Art Subject in the 7thA grade of SMP Negeri 2 Slogohimo, (2) the supporting factor and inhibiting factor affecting the implementation of pottery learning in Cultural Art Subject in the 7thA grade of SMP Negeri 2 Slogohimo, (3) the outcome of pottery learning by idea, shape, tidiness, and finishing. This research was taken place in the 7thA grade of SMP N 2 Slogohimo from April to June 2017. This study was a qualitative research. The data source employed was Cultural Art Teachers of SMP N 2 Slogohimo, the 7thA graders, research location, learning set, and assignment score. The subject of research was selected using sampling technique. Techniques of collecting data used were observation, interview, and documentation. Data validation was conducted using source triangulation and informant review. Technique of analyzing data used was flow (interactive) model of analysis encompassing: data collection, data reduction, data display, and conclusion/verification. The result of research showed that there were some learning objectives inconsistent with the learning implementation plan developed based KTSP 2006. The learning material used by teachers had not been consistent with basic competency included into learning syllabus of the 2nd semester of 7th grade of Junior High School. There were three methods used by teachers: blackboard, PowerPoint using LCD and pottery craft model. The learning evaluation was conducted by teachers by means of conducted remedial for students whose score was still below KKM (Minimum Passing criteria). The factor supporting the implementation of pottery learning was clay found very easily and the factors inhibiting were, among others, limited infrastructure, students’ poor understanding and inadequate pottery model. The mean score of the 7thA grade by idea, shape, tidiness and finishing was 70.83 for pottery design and 82.00 for pottery work product. All of the 7thA graders had achieved KKM, so that teacher unnecessarily conducted remedial. Keywords: learning, pottery, learning outcome

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 26 Dec 2017 16:38
    Last Modified: 26 Dec 2017 16:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38064

    Actions (login required)

    View Item