PILIHAN RASIONAL DIFABEL (Studi Deskriptif Tentang Pilihan Rasional Difabel Dalam Memilih Bekerja di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof. Dr. Soeharso Surakarta

Insani, Naluri (2017) PILIHAN RASIONAL DIFABEL (Studi Deskriptif Tentang Pilihan Rasional Difabel Dalam Memilih Bekerja di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (950Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pilihan rasional difabel dalam memilih bekerja di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof. Dr. Soeharso Surakarta serta mendeskripsikan apa saja hambatan dan dorongan sumber daya yang dimiliki oleh difabel dalam memilih bekerja di BBRSBD. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional dari James Coleman. Teori pilihan rasional merupakan tindakan rasional dari individu atau aktor untuk melakukan suatu tindakan berdasarkan tujuan tertentu dan tujuan itu ditentukan oleh nilai atau pilihan (prefensi). Teori pilihan rasional dari James Coleman digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana pilihan rasional penyandang disabilitas dalam memilih suatu pekerjaan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai demi kepentingan dirinya dan juga orang lain yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang dipakai peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data didapatkan dari dua sumber data yaitu data primer berupa wawancara mendalam dan data sekunder berupa dokumentasi dan dokumen-dokumen. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data yang telah terkumpul, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Dalam analisa data, peneliti menggunakan pandangan Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa ketika difabel memilih suatu pekerjaan ditentukan oleh berbagai macam aspek yaitu sumber daya yang mereka miliki, keterbatasan informasi dan lembaga dimana mereka bekerja. Difabel sebagai actor tentu dapat memaksimalkan sumber daya yang mereka miliki untuk menunjang mereka agar dapat mencapai tujuan yang mereka tetapkan ketika memilih untuk bekerja di BBRSBD. Dalam menentukan pilihan yang mereka anggap rasional, difabel dihadapkan pada rasionalitas terbatas mereka yang membuat mereka tidak bisa memilih pekerjaan lain atas dasar satu dan lain hal. Rasionalitas terbatas merupakan suatu keadaan dimana difabel dibatasi oleh sumberdaya yang mereka miliki, keterbatasan informasi, keterbatasan pemikirian dan keterbatasan waktu mereka sehingga pilihan rasional mereka terbatas dalam memilih bekerja di BBRSBD.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 26 Dec 2017 15:04
    Last Modified: 26 Dec 2017 15:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38049

    Actions (login required)

    View Item