PENGARUH PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLAVOLI EKSTRAKULIKULER BOLAVOLI PUTRA SMP NEGERI 1 KERJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

F, Muhammad Hakim RA (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLAVOLI EKSTRAKULIKULER BOLAVOLI PUTRA SMP NEGERI 1 KERJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (989Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran langsung dan tidak langsung passing atas bolavoli terhadap hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli pada siswa ekstrakurikuler bolavoli putra SMP Negeri 1 Kerjo Tahun Pelajaran 2015/2016; (2) Pembelajaaran yang lebih baik pengaruhnya antara pebelajaran passing atas langsung dan tidak langsung terhadap hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli pada siswa ekstraklukiler bolavoli putra SMP Negeri 1 Kerjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMP N 1 Kerjo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 siswa, tidak ada teknik sampling yang digunakan karena penelitian ini adalah penelitian populasi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data keterampilan passing atas bolavoli. Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan pengukuran passing atas bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kelompok dengan perlakuan pembelajaran langsung atau kelompok 1, mengalami peningkatan rata-rata 9,75 atau 24,43% dari hasil tes awal 39,92 menjadi 49,67; (2) Kelompok dengan perlakuan pembelajaran tidak langsung atau kelompok 2, mengalami peningkatan rata-rata 3,58 atau 8,76% dari hasil tes awal 40,92 menjadi 44,5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran passing atas langsung dan pembelajaran passing atas tidak langsung terhadap hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Kerjo Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016; (2) Pembelajaran passing atas langsung lebih baik pengaruhnya daripada pembelajaran passing atas tidak langsung terhadap hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 1 Kerjo Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: keterampilan passing atas bolavoli, pembelajaran passing atas langsung, pembelajaran passing atas tidak langsung.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 26 Dec 2017 14:32
    Last Modified: 26 Dec 2017 14:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38041

    Actions (login required)

    View Item