FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI FOLLOWERS AKUN INFLUENCER KULINER @SOLODELICIOUS (Studi Analisis Korelasi tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli followers Akun Influencer Instagram @solodelicious)

N, Muhammad Hussein (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI FOLLOWERS AKUN INFLUENCER KULINER @SOLODELICIOUS (Studi Analisis Korelasi tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli followers Akun Influencer Instagram @solodelicious). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (466Kb)

    Abstract

    Keinginan membeli secara umum didasarkan pada upaya mencocokkan motif pembelian dengan atribut atau karakteristik merek yang tengah dipertimbangkan dengan melibatkan aspek psikologis, seperti motivasi, persepsi, dan integrasi. Pada kebanyakan orang, perilaku pembelian konsumen seringkali diawali dan dipengaruhi oleh banyaknya rangsangan (stimuli) dari luar dirinya, baik berupa rangsangan komunikasi pemasaran maupun rangsangan dari lingkungannya. Stimuli tersebut diwujudkan dalam awareness, eWOM, perceived value, perceieved price, perceived quality, promosi, trustworthiness, usage, dansatisfaction. Secara akademis penelitian ini bermanfaat untuk menguji keberlakuan teori tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli, yaitu faktor awareness, electronic word of mouth, perceived value, perceived price, perceived quality, promotion, trustworthiness, usage, dan satisfaction. Dan untuk mengetahui apakah lama menjadi followers , usia dan jenis kelamin memberikan pengaruh terhadap minat beli. Jumlah responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini dihitung dengan rumus Slovin, yang berasal dari followers pada akun Instagram @Solodelicious dengan jumlah sampel yang dipergunakan sejumlah 100 responden. Adapun metode penarikan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara unrestrictedsample atau sample yang tidak dibatasi. Analisis dilakukan untuk mengetahui korelasi antara awareness, electronic word of mouth, perceived price, perceived quality, promotion, trustworthiness, dan satisfaction dalam mempengaruhi minat beli followers akun @Solodelicious. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki korelasi terhadap minat beli followers akun @Solodelicious, yang ditujunkkan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,01. Nilai korelasi tertinggi terhadap minat beli adalah pada trustworthiness (0,374) , kemudian berturut-turut promotion (0,352) , awareness (0,314) , satisfaction (0,359) , perceived price (0,305) , usage (0,296) , perceived quality (0,258) , dan electronic word of mouth (0,236) . Ketika lama follow, usia dan jenis kelamin dimasukkan menjadi variabel kontrol, korelasi beberapa factor yang diteliti terhadap minat beli menjadi lebih kuat. Terutama pada variabel lama follow 1-2 tahun, kelompok responden dengan usia di atas 28 tahun dan responden dengan jenis kelamin perempuan.. Kata Kunci: awareness, electronic word of mouth, perceived price, perceived quality, promotion, trustworthiness, satisfaction, minat beli dan @Solodelicious.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 26 Dec 2017 14:33
    Last Modified: 26 Dec 2017 14:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38040

    Actions (login required)

    View Item