Perancangan Alat Peraga Rumah Sederhana Bertingkat Sebagai Media Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah KBG III PTB FKIP UNS

W, Muhammad Al Q (2017) Perancangan Alat Peraga Rumah Sederhana Bertingkat Sebagai Media Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah KBG III PTB FKIP UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (297Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa alat peraga pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi belajar pada mata kuliah Konstruksi Bangunan Gedung III. Media Pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan studi tentang analisis kebutuhan media adalah media pembelajaran Alat Peraga Rumah Sederhana Bertingkat. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta yang berjumlah 60 mahasiswa. Sumber data penelitian diperoleh dari 1 ahli media, 1 ahli substansi dan instruksional pembelajaran, dan 1 dosen mata kuliah KBG III FKIP UNS. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini terbagi dalam tiga tahapan penting antara lain tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan desain model dan tahap validasi model. Analisa data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan media pembelajaran alat peraga rumah bertingkat layak digunakan sebagai salah satu media penunjang pembelajaran, hal ini berdasarkan prosentase yang didapatkan pada (1) Aspek Substansi, 83 % (sangat baik). (2) Aspek Instruksional, 76 % (baik). (3) Aspek Media, 80,35 % (sangat baik). 4) Peningkatan hasil belajar mahasiswa mencapai nilai signifikansi t-test sebesar 12,27, dimana rata-rata nilai pre test sebesar 62,47 menjadi 75,75 pada post test. Jika semua nilai hasil penelitian disesuaikan dengan range kelayakan, maka nilai yang ditunjukkan adalah di atas 75 %, hasil tersebut membuktikan bahwa alat peraga rumah sederhana bertingkat layak menjadi salah satu media pembelajaran alternatif yang efektif dan dapat direkomendasikan sebagai produk inovasi baru dalam pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Reni reni
    Date Deposited: 26 Dec 2017 14:16
    Last Modified: 26 Dec 2017 14:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38037

    Actions (login required)

    View Item