PENENTUAN ALTERNATIF LOKASI PENGEMBANGAN KAWASAN AGROINDUSTRI KOMODITAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN KECAMATAN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI

Kusumaningrum, Retno Ayu (2017) PENENTUAN ALTERNATIF LOKASI PENGEMBANGAN KAWASAN AGROINDUSTRI KOMODITAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN KECAMATAN NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    PENENTUAN ALTERNATIF LOKASI PENGEMBANGAN KAWASAN AGROINDUSTRI KOMODITAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN KECAMATAN NOGOSARI, KABUPATEN BOYOLALI RETNO AYU KUSUMANINGRUM F1115032 Kecamatan Nogosari telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Boyolali sebagai kawasan peruntukan industri. Namun, dalam RTRW Kabupaten Boyolali belum direncanakan mengenai industri yang akan didirikan, dengan adanya potensi produktifitas hasil komoditas pertanian tanaman pangan yang mengalami peningkatan dan besarnya jumlah penduduk yang bekerja pada sektor pertanian tanaman pangan. Maka, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ketersediaan bahan baku komoditas pertanian tanaman pangan di Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, (2) mengetahui kesesuaian lahan di Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, (3) mengetahui bobot faktor-faktor penentu pengembangan kawasan agroindustri komoditas pertanian tanaman pangan di Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali dan (4) mengetahui lokasi alternatif pengembangan kawasan agroindustri komoditas pertanian tanaman pangan di Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dilakukan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner kepada seluruh Kepala Desa dan stakeholders terkait. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh desa yang ada di Kecamatan Nogosari sejumlah 13 Desa. Metode yang digunakan dalam menentukan responden adalah metode Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis LQ, analisis pertumbuhan, analisis scoring, AHP, dan analisis overlay menggunakan software ArcGIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan bahan baku komoditas pertanian tanaman pangan terdapat di Desa Kenteng, Keyongan, Glonggong, dan Pulutan dengan komoditas jagung, kedelai, kacang tanah, dan ubi kayu, selanjutnya kesesuaian lahan di Kecamatan Nogosari terbagi menjadi 2 (dua) fungsi kawasan yaitu kawasan budidaya dan kawasan penyangga, hasil dari analisis bobot faktor penentu agroindustri komoditas pertanian tanaman pangan di Kecamatan Nogosari dengan nilai inkonsistensi sebesar 0,08, maka nilai inkonsistensi <0,1 yang berarti bahwa faktor-faktor yang dianalisis dinyatakan valid. Faktor bahan baku merupakan faktor utama penentu lokasi agroindustri di Kecamatan Nogosari, selanjutnya yaitu faktor kesesuaian lahan, tenaga kerja, dan pelayanan infrastruktur, sedangkan faktor rendah yaitu faktor pasar dan lingkungan. Alternatif lokasi pengembangan agroindustri terdiri dari 3 (tiga) wilayah yaitu (1) wilayah pengembangan agroindustri I yaitu klaster wilayah yang berorientasi sumber bahan baku tinggi (2) wilayah pengembangan agroindustri II yaitu klaster wilayah yang berorientasi aksesibilitas tinggi dan (3) wilayah pengembangan agroindustri III yaitu klaster wilayah yang berorientasi tenaga kerja. Kata Kunci : Lokasi, Kawasan Agroindustri, Komoditas Pertanian Tanaman Pangan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 26 Dec 2017 13:37
    Last Modified: 26 Dec 2017 13:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38034

    Actions (login required)

    View Item