PERAN DAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE DI LORIN SOLO HOTEL

Berlianti, Rebecca Irine Anugerah (2017) PERAN DAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE DI LORIN SOLO HOTEL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (663Kb)

    Abstract

    Rebecca Irine Anugerah Berlianti, C9414045. 2017. “PERAN DAN STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE DI LORIN SOLO HOTEL”. Program Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui peran dan strategi public relations dalam meningkatkan brand image di Lorin Solo Hotel. Metode penelitian yang digunakan adalahdeskriptif-kualitatif, yaitu mengambil satu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan memfokuskan pada beberapa masalah.Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Data primer dikumpulkan melalui wawancara observasi secara langsung di Lorin Solo Hotel, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber lainnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dan strategi yang dilakukan oleh seorang Public Relations Manager di Lorin Solo Hotel dalam kategori baik. Hal ini tampak dari beberapa kegiatanpublic relations Lorin Solo Hotel dalam meningkatkan brand image khususnya meningkatkan brand image serta pendapatan hotel yaitu melakukan publisitas serta membantu Sales and Marketing Department dalam melakukan promosi, baik di dalam maupun di luar hotel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Manajemen Lorin Solo Hotel menyadari pentingnya peranan public relations dalam membangun citra hotel dan mempromosikan hotel sebagai The Resort Hotel. Hal ini bisa dilihat dari Action Plan yang telah disusun oleh staf Public Relations. Dalam Action Plan tersebut, banyak unsur dari kegiatan public relations telah dikerjakan termasuk di dalamnya publisitas, promosi melalui special events dan jalinan relasi yang baik dengan tamu hotel menggunakan alat-alat public relations. Tetapi, strategi komunikasi yang diterapkan tidak memiliki evaluasi yang kuat yang menyeluruh. Evaluasinya hanya dilakukan pada saat rapat mingguan Sales and Marketing Department, mengukur tingkat kunjungan pada special events dan kliping publisitas dari media massa. Lorin Solo Hotel akan memiliki strategi komunikasi yang lebih efektif bila ada evaluasi yang kuat dan menyeluruh terhadap setiap programnya. Kata Kunci : Peran, Strategi, Public Relations, Brand Image, Lorin Solo Hotel.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 26 Dec 2017 13:16
    Last Modified: 26 Dec 2017 13:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38031

    Actions (login required)

    View Item