PENERAPAN GAYA PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN PADA SISWA KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Imtiyaz, Rais (2017) PENERAPAN GAYA PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN PADA SISWA KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (640Kb)

    Abstract

    Rais Imtiyaz. K4613117. PENERAPAN GAYA PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN PADA SISWA KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2016/2017, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 7 siswa putra dan 30 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar senam lantai guling depan siswa pada Siklus I dari 37 siswa mencapai 64,86% atau sebanyak 24 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 86,49% atau sebanyak 32 siswa sedangkan 5 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75. Dari hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2016 / 2017. Kata Kunci: Hasil Belajar, Senam Lantai Guling Depan, Penggunaan Gaya Inklusi. ABSTRACT Rais Imtiyaz. K4613117. THE APPLICATION OF INCLUSION LEARNING TO INCREASE LEARNING OUTCOMES ROLL GYMNASTICS FLOOR NEXT IN A STUDENTS CLASS X IPA 3 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI YEAR 2016/2017. Thesis. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University, June 2017. The objective of research was to improve the lateral style of shot putting learning achievement in the X IPA 3 of SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali in the school year of 2016/2017. This study was a Classroom Action Research (CAR). This research was taken place in two cycles, each of which consists of two meetings. The subject of research was the X IPA 3 of SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali consisting of 37 students: 7 boys and 30 girls. Data source derived from teacher, students and author. Techniques of collecting data used were observation and documentation or archive. Data validation was carried out using data triangulation technique. Data analysis was conducted using a descriptive qualitative technique with percentage technique to see the tendency occurring in learning activity. The result of data analysis was as follows. The learning outcome roll gymnastics floor next showed that 37 (64,86%) of 24 students had passed successfully in cycle I and 32 had passed successfully in Cycle II, up by 86,49% or at 32 students while other 5 students had not passed successfully with KKM (Minimum Passing Criterion) of 75. From the result of data analysis, it could be concluded that the use of learning to outcome roll gymnastics floor next with the applications of inclusion learning achievement in the X IPA 3 of SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali in the school year of 2016/2017. Keywords: Learning Outcome, Roll Gymnastics Floor Next, The Aplications Of Inclusion Learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 26 Dec 2017 11:53
    Last Modified: 26 Dec 2017 11:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38023

    Actions (login required)

    View Item