PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangasem 2 No.172 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

Fatiha, Rahmatia Kurnia (2017) PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangasem 2 No.172 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (959Kb)

    Abstract

    Rahmatia Kurnia Fatiha. PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Karangasem 2 No. 172 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada siswa kelas V di SD Negeri Karangasem 2 No. 172 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan metode Mind Mapping berbasis media Audio Visual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah saya dan siswa kelas V SD Negeri Karangasem 2 No 172 Surakarta yang berjumlah 40 siswa. Sumber data berasal dari saya, siswa dan pelaksanaan pembelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di kelas V pada pratindakan 58,80 dan ketuntasan klasikal 27,5%. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 72,15 dan ketuntasan klasikal 62,5%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 82,50 dan ketuntasan klasikal 85%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping berbasis media Audio Visual dapat meningkatkan pemahaman konsep Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Karangasem 2 No. 172 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: pemahaman konsep,Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,Mind Mapping, Audio Visual.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 26 Dec 2017 11:45
    Last Modified: 26 Dec 2017 11:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/38022

    Actions (login required)

    View Item