Argumentasi Penuntut Umum Mengajukan Kasasi Berdasarkan Alasan Berat Ringannya Pidana Yang Dijatuhkan Judex Facti Dalam Perkara Kekerasan Seksual Pada Anak (Studi Putusan Mahkamah Agung No : 1655 K/Pid.sus/2015)

SAFAR, NABIL (2017) Argumentasi Penuntut Umum Mengajukan Kasasi Berdasarkan Alasan Berat Ringannya Pidana Yang Dijatuhkan Judex Facti Dalam Perkara Kekerasan Seksual Pada Anak (Studi Putusan Mahkamah Agung No : 1655 K/Pid.sus/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (848Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nabil Safar. 2017. E0012269. Argumentasi Penuntut Umum Mengajukan Kasasi Berdasarkan Alasan Berat Ringannya Pidana Yang dijatuhkan Judex Facti Dalam Perkara Kekerasan Seksual Pada Anak (Studi Putusan Mahkamah Agung No :1655 K/Pid.sus/2015). Penulisan hukum (skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui argumentasi penuntut umum yang mengajukan kasasi berdasarkan alasan berat ringannya pidana yang dijatuhkan judex facti dalam perkara kekerasan seksual pada anak serta untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim yang mengabulkan permohonan kasasi dari penuntut umum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yang bersifat preskriptif dan terapan. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, dengan cara studi pustaka/dokumen, teknik analisis bahan hukum menggunakan metode silogisme dan interpretasi dengan menggunakan pola berpikir deduktif, dari pengajuan premis mayor dan premis minor saling dihubungkan untuk ditarik konklusi. Dalam penelitian telah diketahui bahwa alasan pengajuan kasasi yang dilakukan penuntut umum adalah karena alasan berat ringannya pidana yang dijatuhkan judex facti dimana pengadilan negeri memutus pidana lebih tinggi dibandingkan pengadilan tinggi, namun apakah hal tersebut telah sesuai dengan ketentuan Pasal 253 KUHAP (Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana). Dan juga apakah dasar pertimbangan hakim yang tidak menyatakan judex facti salah menerapkan hukum telah sesuai dengan Pasal 256 KUHAP. Kata kunci : Argumentasi Hukum, Upaya hukum Kasasi, kekerasan seksual pada anak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 26 Dec 2017 10:46
    Last Modified: 26 Dec 2017 10:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37996

    Actions (login required)

    View Item