Kontribusi Kemampuan Analisis dan Kemampuan Matematis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIPA Semester 2 SMA Negeri 2 Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/2017

Cahyanto, Purna Anggit (2017) Kontribusi Kemampuan Analisis dan Kemampuan Matematis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIPA Semester 2 SMA Negeri 2 Wonogiri Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (760Kb)

    Abstract

    Purna Anggit Cahyanto. K3310068. KONTRIBUSI KEMAMPUAN ANALISIS DAN KEMAMPUAN MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIPA SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya korelasi antara 1) kemampuan analisis dengan prestasi belajar siswa 2) kemampuan matematis dengan prestasi belajar siswa, 3) kemampuan analisis dan kemampuan matematis secara serentak dengan prestasi belajar siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah korelasional. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 6 dan kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 2 Wonogiri tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa masing masing 32 anak. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes kepada siswa kemudian dilakukan analisis data dengan analisis korelasi linear dan analisis korelasi ganda. Hasil Penelitian 1) terdapat korelasi positif yang rendah antara kemampuan analisis dengan prestasi belajar siswa, dengan indeks korelasi 0,252 dengan sumbangan efektif 3,98% dan sumbangan relatif 24,33%, 2) terdapat korelasi positif yang rendah antara kemampuan matematis dengan prestasi belajar siswa dengan indeks korelasi 0,297, sumbangan efektif 12,44% dan sumbangan relatif 75,77%, 3) Terdapat korelasi antara positif yang signifikan antara kemampuan analisis dan kemampuan matematis bersama-sama terhadap prestasi belajar dengan indeks korelasi 0,405 dengan kontribusi 16,41%. Kata Kunci: Kemampuan Matematis, Kemampuan Analisis, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 26 Dec 2017 10:45
    Last Modified: 26 Dec 2017 10:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37994

    Actions (login required)

    View Item