PENGARUH PENGGUNAAN KOIL RACING DAN BUSI RACING TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT EFI 2014 BERBAHAN BAKAR PERTAMAX

ANSHORI, MUHAMMAD SHOLEH (2017) PENGARUH PENGGUNAAN KOIL RACING DAN BUSI RACING TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT EFI 2014 BERBAHAN BAKAR PERTAMAX. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (536Kb)

    Abstract

    PENGARUH PENGGUNAAN KOIL RACING DAN BUSI RACING TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT EFI 2014 BERBAHAN BAKAR PERTAMAX Muhammad Sholeh Anshori), Husin Bugis2), Ngatou Rohman3) Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta E-mail : sholehmuhammad95@gmail.com Abstrak ~ Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menyelidiki pengaruh penggunaan busi racing terhadap emisi gas buang CO dan HC pada Honda Beat EFI 2014. (2) Menyelidiki pengaruh penggunaan koil racing terhadap emisi gas buang CO dan HC pada Honda Beat EFI 2014. (3) Menyelidiki pengaruh penggunaan busi racing dan koil racing terhadap emisi gas buang CO dan HC pada Honda Beat EFI 2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengujian emsi gas buang mengacu pada SNI 19-7118.3-2005. Populasi penelitian adalah Honda Beat EFI. Sampel yang digunakan sepeda motor Honda Beat EFI tahun 2014 dengan busi standar dan koil standar dibandingkan dengan busi racing dan koil racing. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Dishubkominfo Kota Surakarta menggunakan sepeda motor Honda Beat tahun 2014. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Penggunaan koil standar dengan busi racing dalam sistem pengapian sepeda motor Honda Beat EFI tahun 2014 dapat menurunkan emisi gas buang CO dan HC dibandingkan menggunakan koil standar dengan busi standar. Penurunan CO sebesar 11,67% dan HC sebesar 19,57%. (2) Penggunaan koil racing dengan busi standar dalam sistem pengapian sepeda motor Honda Beat EFI tahun 2014 dapat menurunkan emisi gas buang CO dan HC dibandingkan menggunakan koil standar dengan busi standar. Penurunan CO sebesar 54,9% dan HC sebesar 30,41%. (3) Penggunaan koil racing dengan busi racing dalam sistem pengapian sepeda motor Honda Beat EFI tahun 2014 dapat menurunkan emisi gas buang CO dan HC dibandingkan menggunakan koil standar dengan busi standar. Penurunan CO sebesar 29,17% dan HC sebesar 23,77%. Kata kunci: Koil, Busi, Emisi Gas Buang Abstract ~ The purpose of this research are : (1) Investigate the influence of racing spark plug on CO and HC exhaust emissions in Honda Beat EFI 2014. (2) Investigate the influence of racing coil on CO and HC exhaust emissions in Honda Beat EFI 2014. (3) Investigate the influence of racing coil and spark plugs racing on CO and HC exhaust emissions in Honda Beat EFI 2014. This research used descriptive quantitative experimental method. Testing of exhaust emissions refers to the SNI 19-7118.3-2005. The population of this research used Honda Beat EFI. The sample used Honda Beat year 2014 with standard spark plug and standard coil compared with the racing spark plug and racing coil. Sampling of this study used purposive sampling. Research was conductedat the Departement of transportation communication and irformation of Surakarta used a Honda Beat motorcycle,year of manufacture 2014. The resuls of this research are : (1) The use of standard coil and spark plugs racing in the ignition system Honda Beat EFI motorcycle 2014 can reduce the exhaust emissions of CO and HC compared using a standard coil with spark plugs standard. The decrease of CO by 11.67% and HC equal to19.57%. (2) The use of racing coil and standart spark plugs in the ignition system Honda Beat EFI motorcycle 2014 can reduce the exhaust emissions of CO and HC compared using a standard coil with spark plugs standard. The decrease of CO by 54.9% and HC equal to30.41% . (3) The use of racing coil and spark plugs racing in the ignition system Honda Beat motorcycle EFI 2014 can reduce the exhaust emissions of HC compared using a standard coil with spark plugs standard. The decrease of CO by 29.17% and HC equal to23.77%. Keywords : Coil, Spark Plug, Exhaust Emissions

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 26 Dec 2017 10:32
    Last Modified: 26 Dec 2017 10:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37990

    Actions (login required)

    View Item