Analisis Hubungan Tingkar Relgiusitas dengan Tingkat Kelancaran pembayaran Angsuran Pembiayaan Mikro pada Nasabah PT Bank Syariah Mandiri Cabang Surakarta

Afita, Prishilla (2017) Analisis Hubungan Tingkar Relgiusitas dengan Tingkat Kelancaran pembayaran Angsuran Pembiayaan Mikro pada Nasabah PT Bank Syariah Mandiri Cabang Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (597Kb)

    Abstract

    Program pembiayaan mikro yang di adakan oleh PT. Bank Syariah Mandiri tidak selalu berjalan lancar dalam hal kelancaran para nasabah membayar angsuran. Berbagai macam risiko mulai bermunculan, salah satunya adalah risiko mengenai kelancaran pengembalian pembiayaan mikro oleh nasabah PT. Bank Syariah Mandiri yang mengakibatkan semakin meningkatnya NPF (Non- Performing Financing) bank apabila terjadi banyak pembiayaan yang macet. Oleh karena hal tersebut, lembaga keuangan harus berhasil dalam mengatasi risiko pembiayaan maka perlu dianalisis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran pengembalian pembiayaan agar tidak terjadi banyak nya pembiayaan macet dan bisa menekan NPF bank pada suatu nilai terendah. Salah satu factor yang mempengaruhi tingkat kelancara pembayaran angsuran adalah fakotr tingkat religiusitas nasabah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat religiusitas serta hubungan nya dengan tingkat kelancaran pembayaran angsuran pada nasabah pembiayaan mikro PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Surakarta. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang di peroleh dari hasil angket . Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian asosiatif, dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menguji kedua hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji one sample test dan uji korelasi koefisiensi kontingensi C untuk mengetahui tingkat religiusitas serta hubungan nya dengan tingkat kelancaran pembayaran angsuran pada nasabah pembiayaan mikro PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Surakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat religiusitas pada nasabah pembiayaan mikro PT. Bank Syariah Mandiri cabang Surakarta tinggi dengan nilai p <0.05 (0.000<0.05), selain itu juga diketahui rata rata pada tingkat religiusitas = 4.16. hal ini berarti tingkat religiusitas diatas nilai tengahnya atau dengan kata lain tingkat religiusitas dikategorikan baik. Dan terdapat hubungan positif tingkat religiusitas terhadap kelancaran pembayaran angsuran nasabah pembiayaan mikro PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Solo dengan nilai korelasi kontingensi sebesar 0,545. Kata kunci: Tingkat religiusitas, Tingkat Kelancaran Pembayaran Angsuran, Pembiayaan Murabahah Mikro.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 26 Dec 2017 09:32
    Last Modified: 26 Dec 2017 09:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37981

    Actions (login required)

    View Item