PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 4E DAN POEW DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Pada Materi Hidrolisis Garam SiswaKelas XI SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017)

nur widhiastuti, lutfi (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 4E DAN POEW DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ( Pada Materi Hidrolisis Garam SiswaKelas XI SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Other thesis, sebelas maret university.

[img] PDF - Published Version
Download (514Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Lutfi Nur Widhiastuti. K3313042. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 4E DAN POEW DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Mei. 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 4E (Exploration, Explaination, Elaboration, Evaluation) dan Predict, Observe, Explain, Writing (POEW) terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam. (2) Pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam. (3) Interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 4E dan POEW dengan kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA semester genap SMA Negeri 3 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 4 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen pertama menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 4E dan kelas eksperimen kedua menggunakan model pembelajaran POEW. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengambil data prestasi pengetahuan dan kemampuan berpikir logis sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengambil data prestasi sikap dan keterampilan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Variansi (ANAVA) dua jalan dengan sel tak sama dan uji statistik non parametrik Kruskal Wallis. Uji ANAVA digunakan untuk prestasi pengetahuan dan keterampilan, sedangkan uji Kruskal Wallis digunakan untuk prestasi sikap. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan, (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 4E dan POEW terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan keterampilan, tapi model Learning Cycle 4E lebih efektif digunakan daripada POEW. (2) Tidak ada pengaruh kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar siswa ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 4E dan POEW dengan kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan. Kata Kunci : Learning Cycle 4E, POEW, kemampuan berpikir logis, hidrolisis garam

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 25 Dec 2017 22:41
    Last Modified: 25 Dec 2017 22:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37949

    Actions (login required)

    View Item