Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Dilengkapi LKS berbasis Drill and Practice untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 3 Semester Genap di SMA N 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017

ariyanti, lisa (2017) Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Dilengkapi LKS berbasis Drill and Practice untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 3 Semester Genap di SMA N 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, sebelas maret university.

[img] PDF - Published Version
Download (725Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) keaktifan siswa dengan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dilengkapi media LKS berbasis drill and practice pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Karanganyar, dan (2) prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dilengkapi media LKS berbasis drill and practice pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dilengkapi media LKS berbasis drill and practice dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi materi hidrolisis garam kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I, ketercapaian keaktifan sebesar 79,49% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,31%, (2) penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dilengkapi media LKS berbasis drill and practice dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi materi hidrolisis garam kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil tes siklus I ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 82,05% dan meningkat menjadi 89,74% pada siklus I. Ketercapaian aspek pengetahuan siswa sebesar 51,28% dan meningkat menjadi 87,18% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan sebesar 87,18%. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, POE, LKS drill and practice, Keaktifan, Prestasi Belajar, Hidrolisis Garam

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 25 Dec 2017 22:33
    Last Modified: 25 Dec 2017 22:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/37946

    Actions (login required)

    View Item